Aplikasi STOKIS.ID dibuat untuk mendukung transaksi dari semua cabang bisnis yang Anda miliki. Anda dapat menambah berapapun jumlah cabang bisnis yang Anda miliki, sesuai dengan perkembangan bisnis Anda.

Namun perkembangan bisnis dan penambahan cabang ini, akan membuat trafik lalu lintas server aplikasi Anda semakin padat, dan ini juga membutuhkan ruang penyimpanan data yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk itu dibutuhkan Upgrade Resource Server. Agar semua transaksi yang ada pada semua cabang bisnis Anda, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dapat tertangani dengan baik.

Jadi, disini kami tidak membatasi jumlah cabang yang akan Anda tambahkan pada sistem. Selama Resource Server Anda saat ini masih cukup memadai dalam menangani transaksi dan masih memiliki ruang penyimpanan data transaksi, Anda tidak perlu melakukan Upgrade Resource Server.

Dan jika memang nanti diperlukan Upgrade Resource Server, ini dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis Anda. Sehingga biaya operasional Anda tetap terjangkau dan terkendali sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Berapa idealnya jumlah cabang yang bisa ditangani oleh server dalam paket layanan standart?

Resource Server pada paket layanan starter (awal) ini idealnya digunakan untuk menangani 2 hingga 3 cabang (itu sudah termasuk gudang induk). Namun, itu pun juga bisa tergantung dari banyaknya jumlah jenis produk yang Anda jual.

Misal; jika jenis produk yang Anda jual banyak (Jumlahnya mencapai Ribuan Jenis), maka jumlah cabang yang dapat ditangani oleh server dapat berkurang dari standart yang telah ditentukan. Sebaliknya jika jumlah produk yang Anda jual tidak banyak (Jumlahnya hanya mencapai Ratusan saja), maka jumlah cabang yang dapat ditangani oleh server bisa lebih dari jumlah standart yang telah ditentukan.

Jumlah jenis produk disini tidak sama dengan jumlah produk. Jenis produk ini mewakili nama dan type dari setiap produk. Sedangkan jumlah produk (item / Qty) itu adalah jumlah produk dari tiap-tiap jenis produk tersebut. Total dari jumlah produk disini tidak akan mempengaruhi resource server. Walaupun jumlah produknya mencapai puluhan ribu lebih, karena itu hanya merupakan angka.

Kenapa jumlah jenis produk dan jumlah cabang berpengaruh pada Resource Server yang digunakan?

Karena semakin banyak jumlah jenis produk yang Anda jual, tentu akan memakan banyak resource penyimpanan data. Ini berlaku, terutama jika Anda menggunakan fitur Katalog dan Sistem Toko Online. Dimana akan banyak gambar pada tiap jenis produk tersebut yang tersimpan di dalam server.

Sedangkan banyaknya jumlah cabang, akan membuat lalu lintas server akan semakin padat (tinggi). karena penambahan cabang biasanya di iringi dengan perkembangan bisnis, penambahan karyawan, penambahan konsumen, perluasan wilayah, dan peningkatan jumlah transaksi. Dimana hal ini selain meningkatkan lalu lintas trafik pada server, juga akan memakan banyak Resource penyimpanan data pada Server tersebut.

Jadi, jika perusahaan atau bisnis Anda menjual banyak jenis produk dan memiliki banyak cabang yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Maka yang perlu diperlukan adalah penambahan biaya untuk meningkatkan Resource Server yang digunakan Aplikasi Anda saja. Ini pun disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan bisnis Anda saat ini.

Untuk penambahan setiap akun Cabang / Gudang / Stokis maupun User Admin, tidak dikenakan biaya tambahan dalam pembayaran bulanan. Anda bisa menambahnya berapapun yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda.

Cara Tambah Cabang baru

Untuk menambah Cabang Baru ini, silahkan Anda masuk pada laman TAMBAH CABANG (Navigasi: Pengaturan > Tambah Cabang).

  • Pada kolom Nama Cabang, silahkan ketik nama cabang Anda yang baru. Penulisan nama ini bisa menggunakan format “Cabang dan Nama Kota atau Kecamatan tempat cabang tersebut beralamt”. Misal: Cabang Pati, Cabang Kudus, Cabang Demak, Cabang Gembong 1, Cabang Gembong 2, dan lain sebagainya.
  • Pada kolom Kepala Cabang, silahkan ketik nama karyawan, setelah muncul pilihan nama karyawan yang terdapat dibawah kolom tersebut, silahkan klik nama yang muncul. Maka kolom Kepala Cabang akan terisi.
  • Pada kolom Provinsi, silahkan Anda pilih nama Provinsi sesuai alamat kantor atau gudang cabang baru.
  • Pada kolom Kabupaten / Kota, silahkan Anda pilih nama Kabupaten / Kota sesuai alamat kantor atau gudang cabang baru.
  • Pada kolom Kecamatan, silahkan Anda pilih nama Kecamatan sesuai alamat kantor atau gudang cabang baru.
  • Pada kolom Nama Jalan, Desa RT/RW, silahkan isi dengan mengetik detail alamat lengkap kantor atau gudang cabang baru.
  • Pada kolom No. Telepon, silahkan ketik No. Telepon atau No. WA untuk mempermudah komunikasi dengan pengurus Cabang baru Anda.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.

Ketika proses penyimpanan berhasil, maka:

  • Data Gudang Baru akan masuk ke dalam Tabel Data Cabang pada laman tersebut. Anda dapat melihat semua Data Cabang bisnis Anda, dan melakukan tindakan edit atau hapus Data Cabang bisnis Anda yang terdaftar pada Tabel Data Cabang.
  • Sistem akan membuat Tabel Data Barang untuk Cabang Baru tersebut pada laman DATA STOK GUDANG (Navigasi: Stok Gudang > Data Stok Gudang).
  • Sistem akan membuat kategori konsumen khusus untuk Cabang Baru Pada laman KATEGORI KONSUMEN (Navigasi: Pengaturan > Kategori Konsumen). Ini agar tiap cabang memiliki Data Konsumennya tersendiri, yang tidak tercampur dengan Data konsumen pada cabang lainnya.

Edit dan Hapus Data Cabang

Tindakan Edit dan Hapus Data Cabang juga dapat dilakukan pada laman TAMBAH CABANG tersebut. Tepatnya pada kolom Tindakan pada Tabel Data Cabang.

  • Silahkan Anda cari Data Cabang yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian bila Anda memiliki banyak cabang, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Cabang, dengan mengetik Nama Cabang
  • Setelah Data Cabang muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Cabang.
  • Tindakan Edit dan Hapus ini hanya bisa dilakukan oleh User Admin Master. Agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: