Aplikasi STOKIS.ID dilengkapi Sistem Investasi yang digunakan untuk kalangan sendiri. Sistem Investasi ini berguna untuk mendukung permodalan dalam melakukan pengadaan barang (stok), dengan memberikan bagi hasil kepada investor sesuai dengan keuntungan yang dihasilkan, ataupun sesuai dengan persentase deposit saldo investasi yang telah ditentukan dan disepakati.

Bisnis perdagangan membutuhkan modal yang besar, terutama jika kita bergerak dalam bidang pemasaran Distributor Grosir. Dimana markup harga dan selisih keuntungan yang dihasilkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan penjualan retail secara langsung. Maka dari itu untuk mendapatkan keuntungan yang besar, perputaran keuangan dalam transaksi penjualan juga harus besar. Karena itu kita diharuskan main penjualan quantity (partai besar) untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dalam bidang pemasaran Distributor Grosir, umumnya kita menjalankan penjualan dengan sistem open PO. Dimana konsumen melakukan order produk terlebih dahulu, dan setelah itu baru kita melakukan proses pengadaan barang, dan pengiriman.

Untuk mendukung permodalan yang besar dan sistem pemasaran yang seperti ini, kita bisa mengajak saudara, kerabat, sahabat, maupun karyawan untuk berkerja sama dalam bisnis kita, dengan memberi bagi hasil keuntungan secara profesional dan tersistem. Dengan begitu, kita dapat mengembangkan bisnis kita jauh lebih besar lagi dengan modal kita sendiri dan dukungan modal dari para investor kita.

Disini kami menyediakan beberapa metode atau sistem investasi yang bisa Anda pakai dalam mengembangkan bisnis Anda:

Investasi untuk Projek Pengadaan Barang

Investasi untuk Projek Pengadaan Barang terbagi menjadi dua sistem, yaitu Lock Saldo dan Non Lock Saldo.

Lock Saldo ini merupakan investasi yang saldonya di lock atau dikunci hingga periode waktu tertentu sesuai perjanjian hitam diatas putih. Sehingga sebelum periode waktu investasi tersebut berakhir, maka saldo investasi tidak dapat ditarik oleh investor. Ini dilakukan pada investasi dengan jumlah nominal yang besar, dimana penarikan saldo bisa disesuaikan dengan waktu yang telah disepakati bersama. Agar sebelum waktu penarikan dana bisa disiapkan dan tidak terjadi penarikan saldo secara mendadak, yang akan membebani perputaran keuangan saat itu.

Sedangkan Non Lock Saldo merupakan sistem investasi dimana saldo investasi tidak dikunci, sehingga bisa ditarik kapan saja oleh investor saat dibutuhkan. Umumnya ini untuk nilai investasi dengan nominal yang relatif kecil, dimana pencairan investasi bisa dilakukan dengan segera. Karena tidak membebani perputaran keuangan secara langsung.

Baik Investasi sistem Lock Saldo maupun Non Lock Saldo ini memang dikhususkan untuk mengikuti lelang pada sistem Projek Pengadaan Barang dengan mendapatkan bagi hasil dari selisih keuntungan yang di hasilkan dari penjualan produk tersebut. Sehingga investor tidak mendapat bagi hasil berupa persentase dari saldo investasi yang diberikan per bulan.

Selain itu, yang perlu kita perhatikan, penarikan Saldo Investasi ini tidak dapat dilakukan, jika saldo investasi tersebut masih digunakan dalam pembiayaan Projek Pengadaan Barang yang Anda ikuti. Setelah Projek Pengadaan Barang selesai, maka saldo investasi beserta bagi hasil akan masuk ke Saldo Investasi Anda kembali. Dan saat ini baru saldo investasi Anda tadi (yang tidak terkunci) bisa dilakukan penarikan saldo, atau dibiarkan untuk digunakan dalam pembiayaan pada Projek Pengadaan Barang selanjutnya.

Dan untuk Investasi dengan sistem Lock Saldo, seperti yang telah dijelaskan diatas, penarikan saldo investasi juga harus menunggu hingga periode waktu investasi Lock Saldo telah berakhir.

Bagaimana melakukan proses Lock Saldo?

Pada dasarnya saldo investasi yang masuk dalam posisi Non Lock Saldo. Apabila ini merupakan investasi dengan periode waktu tertentu yang telah disepakati dengan investor, maka Admin Keuangan, dapat melakukan proses Lock Saldo sesuai kesepakatan tersebut.

  • Silahkan Admin Keuangan atau Admin Master masuk ke laman LOCK SALDO (Navigasi: Investasi > Lock Saldo).
  • Pada kolom Nama Investor, silahkan pilih Nama Investor dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Investor, silahkan cari dan pilih nama Investor yang ingin di Lock Saldo Pencarian nama investor bisa dengan mengetik beberapa huruf awal nama pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Investor. Setelah ketemu nama yang di inginkan, silahkan klik, maka kolom Nama Investor dan Kolom Saldo Investasi akan terisi.
  • Pada kolom Nominal Lock Saldo, silahkan isi dengan mengetik nominal saldo yang akan di lock sesuai kesepakatan.
  • Pada kolom Durasi Lock, silahkan isi dengan mengetik jumlah bulan sesuai periode waktu yang telah disepakati.
  • Selah itu silahkan klik tombol Lock Saldo.
  • Setelah proses berhasil, maka data lock saldo investasi tersebut akan masuk pada Tabel Data Lock Saldo. Dan mengurangi saldo Non Lock Saldo. Namun untuk nilai Saldo Investasi secara keseluruhan tetap sesuai dengan Total Investasi yang masuk.
  • Pada kolom Tabel Data Lock Saldo tersebut terdapat kolom tindakan untuk Unlock dan Delete yang hanya bisa dilakukan secara manual oleh Admin Master apabila diperlukan tindakan khusus. Tindakan Unlock ataupun Delete ini akan membuat Saldo Investasi menjadi Non Lock Saldo.

Untuk penjelasan tentang sistem Projek Pengadaan Brang, bisa dibaca selengkapnya pada tutorial Projek Pengadaan Barang.

Investasi dengan sistem Deposit Saldo atau Lock Investasi

Pada Investasi dengan sistem Deposit atau Lock Investasi ini berbeda dengan Lock Saldo Investasi yang digunakan dalam Projek Pengadaan Barang.

Pada Investasi dengan sistem Deposit atau Lock Investasi ini merupakan sistem investasi tanam modal dengan memberikan bagi hasil per bulan sesuai persentase yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dimana untuk periode waktunya telah disepakati dan dibuat perjanjian hitam diatas putih.

Untuk bagi hasil investasi ini dibagi dalam 3 level sesuai periode waktunya:

  1. Investasi dengan tempo 3 bulan mendapat bagi hasil 1% dari nilai Lock Investasi.
  2. Investasi dengan tempo 6 bulan mendapat bagi hasil 1.2% dari nilai Lock Investasi.
  3. Investasi dengan tempo 12 bulan mendapat bagi hasil 1.5% dari nilai Lock Investasi.

Apabila Anda ingin merubah persentase bagi hasil tersebut diatas sesuai kebijakan perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Bagi hasil dari dana lock investasi akan otomatis masuk ke saldo investor tiap bulan, per tanggal lock investasi tersebut dilakukan.

Dan untuk Investasi dengan sistem Deposit atau Lock Investasi ini, penarikan saldo investasi harus menunggu hingga periode waktu Lock Investasi telah berakhir. Dengan kata lain, dana investasi yang di lock tidak dapat ditarik hingga durasi tempo masa lock investasi selesai.

Selain itu, saldo investasi yang telah di Lock Investasi tidak dapat digunakan untuk mengikuti Projek Pengadaan Barang.

Saldo investasi yang sedang tidak digunakan untuk projek pengadaan barang dan tidak sedang dalam lock investasi, bisa ditarik kembali kapan saja.

Bagaimana melakukan proses Lock Investasi?

Tindakan Lock Investasi ini bisa dilakukan oleh Investor itu sendiri maupun Admin Keuangan atau Admin Master sesuai dengan surat perjanjian yang telah di sepakati.

  • Silahkan masuk ke laman LOCK INVESTASI (Navigasi: Investasi > Lock Investasi).
  • Pada kolom Nama Investor, silahkan pilih Nama Investor dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Investor, silahkan cari dan pilih nama Investor yang ingin di lock saldo investasinya. Pencarian nama investor bisa dengan mengetik beberapa huruf awal nama pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Investor. Setelah ketemu nama yang di inginkan, silahkan klik, maka kolom Nama Investor dan Kolom Saldo Investasi akan terisi. Pada User Admin Investor, maka kolom Nama Investor dan Kolom Saldo Investasi tersebut otomatis sesuai User Loginnya tanpa harus memilih Nama Investor.
  • Pada kolom Nominal Lock Investasi, silahkan isi dengan mengetik nominal saldo yang akan di Lock Investasi.
  • Pada kolom Durasi Tempo, silahkan pilih jumlah bulan sesuai periode waktu yang telah disepakati atau di inginkan oleh pihak investor.
  • Selah itu silahkan klik tombol Lock Saldo.
  • Setelah proses berhasil, maka data lock investasi tersebut akan masuk pada Tabel Data Lock Investasi. Dan mengurangi saldo Non Lock Saldo. Namun untuk nilai Saldo Investasi secara keseluruhan tetap sesuai dengan Total Investasi yang masuk.
  • Pada kolom Tabel Data Lock Investasi tersebut terdapat kolom tindakan untuk Unlock dan Delete yang hanya bisa dilakukan secara manual oleh Admin Master apabila diperlukan tindakan khusus. Tindakan Unlock ataupun Delete ini akan membuat Saldo Investasi menjadi Non Lock Saldo.
  • Setelah memasuki tanggal pembayaran bagi hasil per bulan, maka Data Lock Investasi akan masuk Tabel Verifikasi Bagi Hasil. Dan akan muncul tanda notifikasi pada Navigasi Lock Investasi.
  • Silahkan Admin Keuangan atau Admin Master melakukan pengecekan data dan tindakan verifikasi untuk bagi hasil dengan mengeklik tombol Verifikasi.
  • Setelah muncul pop up konfirmasi untuk verifikasi, silahkan klik tombol OK, maka Bagi Hasil bulan itu akan masuk ke laman DATA TRANSAKSI INVESTASI (Navigasi: Investasi > Data Transaksi) dan menambah saldo investasi sesuai investor masing-masing, serta menambah saldo untuk Pengembang dan Leader dari Investor
  • Selain itu, Data Bagi Hasil ini akan masuk ke pencatatan pada laman DATA LABA RUGI (Navigasi: Laporan > Data Laba Rugi) serta mengurangi saldo Pendapatan yang ada.

Pada Investasi dengan sistem Deposit atau Lock Investasi ini menggunakan sistem Pengembang dan Leader yang dapat mereferensikan serta mengkoordinasi para Investor tersebut. Dimana Pengembang akan mendapat Bagi hasil 15% dari Nilai Bagi Hasil Investor yang di referensikan nya, dan Leader akan mendapat Bagi hasil 5% dari Nilai Bagi Hasil Investor yang di referensikan oleh pengembangnya. Dengan sistem ini maka akan banyak pihak yang membantu kita untuk mendapatkan Investor yang cocok. Karena mereka akan mendapatkan insentif atau bagi hasil selama Investor tersebut aktif.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: