Setelah proses persiapan barang telah dilakukan oleh Tenaga Gudang berdasarkan Daftar Order Stok Masuk, Admin Gudang dapat melakukan Proses Pengiriman Transfer Stok dengan mencetak Surat Jalan. Dari proses ini, selain untuk membuat Surat Jalan untuk Cabang Penerima Stok, sistem juga akan mengurangi data stok gudang yang tersedia, sesuai jumlah barang yang di proses.

  • Apabila Anda ingin memproses Daftar Order Stok Masuk dan membuat Surat Jalan, setelah Anda Login, silahkan Anda membuka laman PROSES TRANSFER STOK > PENGIRIMAN (Navigasi: Transfer Stok > Proses Transfer Stok > Pengiriman).
  • Silahkan Anda pilih Nota Order Stok yang ingin Anda proses dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom No. Transfer. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Daftar Order Stok Masuk.
  • Semua data Nota Order Stok yang tampil pada Tabel Daftar Order Stok Masuk pada laman PROSES TRANSFER STOK > PENGIRIMAN pada dasarnya belum diproses oleh pihak Gudang. Untuk Nota Order Stok yang telah diproses, tidak akan muncul lagi pada Tabel Daftar Order Stok Masuk, baik pada laman DAFTAR ORDER STOK maupun laman PROSES TRANSFER STOK > PENGIRIMAN. Jadi apabila Anda tidak menemukan Nota Order Stok yang Anda maksud, bisa jadi itu karena Nota Order Stok tersebut sudah diproses sebelumnya. Untuk itu silahkan cek pada laman DATA TRANSFER STOK (Navigasi: Transfer Stok > Data Transfer Stok) untuk melakukan pengecekan data. Gunakan filter data yang telah disediakan.
  • Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Daftar Order Stok Masuk, silahkan pilih salah satu Nota Order Stok yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Daftar Order Stok Masuk untuk mempermudah pencarian Nota Order Stok yang ingin di Proses Transfer Stok. Setelah ketemu Nota Order Stok yang ingin Anda proses tersebut, silahkan klik. Maka beberapa kolom akan terisi secara otomatis, sesuai dengan data saat Input Order Stok.
  • Kolom yang belum terisi seperti kolom QC, dan Dropper silahkan isi sesuai dengan karyawan yang bertugas. Silahkan isi masing-masing kolom tersebut dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan masing-masing kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian nama karyawan. Setelah ketemu nama karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Petugas tersebut akan terisi.
  • Pada Tabel Rincian Barang Order Stok, silahkan klik icon pensil pada kolom tindakan. Maka akan muncul pop up untuk proses. Silahkan isi kolom Jumlah Proses sesuai data jumlah barang yang telah disiapkan oleh Tenaga Gudang.
  • Jumlah Proses tidak dapat melebihi Jumlah Stok yang tersedia. Apabila Jumlah Proses kurang dari Jumlah Order maka Jumlah Sisa Order yang tidak terproses akan masuk menjadi Order Stok Pending, dan Nota Order Stok Pending ini akan tetap muncul pada laman DAFTAR ORDER STOK, dan nantinya dapat di proses kembali setelah stok tersedia untuk Proses Pengiriman Transfer Stok
  • Ulangi proses tindakan ini untuk data barang yang lain pada Tabel Rincian Barang Order Stok, jika dalam satu Nota Order Stok tersebut terdiri dari banyak jenis barang.
  • Setelah semua selesai. Anda dapat mengeklik tombol Simpan.
  • Setelah proses penyimpanan berhasil, maka tombol Cetak Surat Jalan akan aktif untuk di klik. Silahkan klik tombol Cetak Surat Jalan, maka akan muncul laman print preview. Apabila settingan printer Anda sudah benar, Anda tinggal klik tombol Cetak, maka Surat Jalan Transfer Stok akan tercetak. Apabila Anda ingin membatalkan proses cetak, silahkan klik tombol Batal.
  • Setelah proses penyimpanan berhasil, jumlah order stok yang di proses, akan mengurangi jumlah dari Data Stok Gudang Pengirim (Pemroses).
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: