Dengan dilakukannya Pembagian Area sesuai Manager Area, maka bisnis Anda dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan cepat, dengan jaringan pemasaran yang terorganisir dengan baik.

Pembagian Area untuk Cabang Toko atau Cabang Gudang

Pembagian Area diperlukan jika Anda memiliki banyak Cabang Toko atau Gudang di beberapa kecamatan atau kabupaten.

Dimana setiap Manager Area ini diberi hak, kewajiban dan wewenang untuk mengkoordinasi serta mengelola penuh area pemasaran mereka masing-masing, yang pembagiannya telah ditentukan dan disepakati bersama dengan Manager Area lainnya.

Disini setiap cabang Toko atau Gudang tetap di pimpin oleh Kepala Cabang masing-masing. Semua Kepala Cabang ini, yang berada dalam satu wilayah kerja, akan di koordinasi oleh satu Manager Area yang bertanggungjawab pada wilayah kerja tersebut.

Seorang Manager Area ini dapat mengelola wilayah kerja satu kabupaten / kota atau lebih, sesuai dengan kapasitasnya. Dimana setiap kabupaten ini bisa memiliki beberapa cabang dibeberapa kecamatannya.

Misal: Kabupaten Pati memiliki 5 cabang toko yang tersebar di beberapa kecamatan, misalnya di kecamatan Pati, Trangkil, Tayu, Juana dan Kayen. Maka 5 cabang toko tersebut dapat dikelola dan di koordinasi oleh satu Manager Area untuk kabupaten Pati tersebut. Dan Manager Area tersebut dapat memperluas jaringan cabangnya di kecamatan-kecamatan yang lain, yang masih dalam satu kabupaten Pati.

Pembagian Area untuk Team Marketing Distributor Grosir

Pembagian Area ini juga berlaku bagi Anda yang menjalankan sistem bisnis Distributor Grosir, yang mana area pemasarannya terbagi dalam beberapa wilayah kerja yang lebih luas lagi, untuk setiap Team Marketing.

Dimana setiap Team Marketing di pimpin oleh Manager Area. Manager Area ini bisa memiliki beberapa Leader, dan setiap Leader memiliki beberapa Pengembang (sales).

Disini setiap Pengembang (sales) ini sebaiknya memegang satu kabupaten / Kota. Dengan sistem pembagian area seperti ini, akan membuat Pengembang (sales) dapat dengan leluasa mengembangkan area tersebut dengan baik, tanpa harus bentrok dengan Pengembang (sales) lainnya di daerah yang sama.

Membagi Kabupaten / Kota untuk tiap Manager Area

Saat Anda sebagai Admin Master ingin membagi area yang disesuaikan dengan Manager Area masing-masing, silahkan buka laman PEMBAGIAN AREA (Navigasi: Pengaturan > Pembagian Area).

  • Silahkan perhatikan kolom yang berada di area Input Area Manager.
  • Pada kolom Manager, silahkan pilih Nama Karyawan yang ingin dijadikan Manager Area dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Manager tersebut akan terisi.
  • Pada kolom Pilih Kota, silahkan Anda ketik Nama Kabupaten / Kota, Setelah muncul Nama Kabupaten / Kota di bawah kolom tersebut, silahkan klik Nama Kabupaten / Kota Maka kolom Pilih Kota tersebut akan terisi.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka Area Manager yang Anda buat akan masuk pada Tabel Data Manager Area, yang menampilkan semua Data Pembagian Area Kabupaten / Kota berdasarkan Manager Area.

Edit dan Hapus Data Manager Area

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data Manager Area dapat dilakukan pada laman PEMBAGIAN AREA tersebut, tepatnya pada kolom Tindakan pada Tabel Data Manager Area.

  • Silahkan Anda cari berdarkan Nama Manager Area ataupun Nama Kabupaten / Kota pada Tabel Data Manager Area yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Manager Area, dengan mengetik Nama Manager atau Nama Kabupaten / Kota.
  • Setelah Data Manager Area muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Manager Area yang di inginkan.
  • Tindakan Edit dan Hapus ini hanya bisa dilakukan oleh User Admin Master. Agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kewajiban dan hak yang diterima Manager Area

Kewajiban Manager Area adalah mengelola dan mengembangkan area yang menjadi tanggungjawabnya. Dengan mengkoordinasi pemasaran yang dilakukan oleh setiap leader dan Pengembang (sales) yang berada dibawahnya.

Hak Manager Area adalah akan mandapatkan insentif manager pada semua transaksi penjualan yang berada di wilayah kerjanya masing-masing. Baik transaksi penjualan secara offline maupun online.

Untuk area yang belum memiliki Manager Area, maka dana dari pembagian insentif manager pada setiap transaksi penjualan yang terjadi di wilayah tersebut, akan masuk ke pendapatan perusahaan. Ini karena area tersebut belum memiliki Manager Area. Dana ini bisa digunakan untuk membantu biaya operasional maupun pengembangan bisnis. Dalam kasus ini, dapat terjadi bila pemasaran dilakukan secara online, dimana transaksi penjualan dapat terjadi dari berbagai wilayah di Indonesia, dan itu diluar wilayah kerja dari Manager Area yang Anda miliki saat ini.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: