Banyak dari kita yang membuka bisnis perdagangan juga mengembangkan bisnisnya ke layanan jasa. Atau sebaliknya, kita membuka layanan jasa dengan menjual produk yang dibutuhkan dalam mendukung layanan jasa tersebut.

Contoh dari usaha atau bisnis yang melakukan penjualan produk dan jasa antara lain: Toko aksesoris mobil / motor, Toko Onderdil Mobil / Motor, Toko Ban Mobil / Motor, Bengkel Elektronik, Konter HP, Toko Komputer, Toko Alat tulis dan Fotocopy, Salon Kecantikan, dan lain sebagainya.

Untuk itu STOKIS.ID membuat aplikasi perdagangan yang bukan hanya untuk menjual produk, tetapi juga bisa digunakan untuk menjual layanan jasa. Agar bisnis Anda dapat memberi pelayanan yang semaksimal mungkin dan terbaik, sesuai kebutuhan konsumen Anda.

Menggunakan aplikasi kasir untuk transaksi Layanan Jasa

Saat Anda ingin membuat Nota Kwitansi untuk layanan jasa, silahkan Anda buka laman KASIR JASA (Navigasi: Kasir Jasa).

  • Pada kolom Kwitansi, Tanggal Layanan, Nama Kasir, dan Cabang, akan terisi otomatis oleh sistem.
  • Pada kolom ID Konsumen, silahkan pilih nama Konsumen dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Konsumen, silahkan cari dan pilih nama konsumen tersebut. Pencarian nama konsumen bisa dengan mengetik beberapa huruf awal nama pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Konsumen. Setelah ketemu, silahkan klik nama, maka kolom ID Konsumen, Nama, Alamat, Status Member akan terisi. Namun apabila ini adalah konsumen baru, maka silahkan input data konsumen pada laman INPUT KONSUMEN BARU terlebih dahulu (Navigasi: SDM > Konsumen > Input Konsumen Baru). Dan kembali ke laman KASIR JASA untuk melakukan transaksi kembali.
  • Kolom Pengembang, Kolom Leader, dan Kolom Manager akan terisi otomatis sesuai dengan Data Konsumen yang telah dipilih.
  • Pada kolom Petugas 1, silahkan pilih Nama Karyawan yang bertugas sebagai Petugas Utama, dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan cari dan pilih nama karyawan yang menjadi Petugas pada transaksi tersebut. Pencarian nama karyawan bisa dengan mengetik beberapa huruf awal nama pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Karyawan. Setelah ketemu nama yang di inginkan, silahkan klik, maka kolom Petugas 1 akan terisi.
  • Silahkan ulangi langkah input kolom Petugas 1 diatas untuk kolom Petugas 2 dan kolom Petugas 3. Namun untuk Petugas 2 dan Petugas 3 ini bersifat opsional. Yaitu hanya di isi jika memang petugasnya lebih dari satu untuk mengerjakan layanan jasa tersebut.
  • Pada kolom Kode Jasa, silahkan pilih layanan jasa dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Data Layanan Jasa, silahkan cari dan pilih nama layanan Jasa yang sesuai. Pencarian Nama Layanan Jasa bisa dengan mengetik beberapa huruf awal nama pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Layanan Jasa. Setelah ketemu, silahkan klik nama layanan yang sesuai. Maka kolom Kode, Nama Layanan Jasa, Biaya Jasa, akan terisi otomatis.
  • Pada kolom Jumlah, silahkan isi dengan mengetik jumlah untuk layanan jasa tersebut.
  • Silahkan klik tombol Tambah, maka Data Layanan Jasa akan masuk bertambah pada Tabel Rincian Layanan Jasa.
  • Ulangi langkah Input Layanan Jasa tersebut jika diperlukan penambahan nama layanan jasa yang lainnya.
  • Sebelum menekan tombol Simpan, Anda bisa mengecek kembali data pada Tabel Rincian Layanan Jasa. Apabila ada data yang belum sesuai, dan butuh pembenahan, Anda tinggal melakukan tindakan Hapus denga mengeklik icon tempat sampah atau Edit dengan mengeklik icon pensil pada data nama layanan jasa di Tabel Rincian Layanan Jasa. Pada tindakan Edit, Anda hanya dapat mengedit jumlah layanan jasanya saja. Untuk harga sudah ditentukan oleh user Admin Master di laman DAFTAR LAYANAN JASA (Navigasi: Layanan Jasa > Daftar Layanan Jasa).
  • Apabila Anda ingin memberikan potongan biaya layanan jasa, Anda dapat mengisi kolom Potongan dengan nominal potongan untuk satu Nota Kwitansi Jasa
  • Selanjutnya, Anda dapat menekan tombol Proses untuk memproses transaksi dari layanan jasa tersebut.
  • Kemudian tekan tombol Cetak Nota untuk mencetak Nota Kwitansi Jasa.

Laporan keuangan harian dari transaksi Layanan Jasa

Setelah Anda menekan tombol Proses, maka data Layanan Jasa (Nota Kwitansi Jasa) akan masuk ke laman DATA PENJUALAN JASA (Navigasi: Layanan Jasa > Data Penjualan Jasa) dan pada laman DAFTAR PIUTANG JASA (Navigasi: Pembayaran Jasa > Daftar Piutang Jasa). Yang selanjutnya untuk dilakukan input proses pembayaran Jasa oleh Admin Keuangan setelah Admin Kasir menyetorkan laporan keuangan.

Kenapa masih dianggap piutang, padahal konsumen telah membayar untuk Layanan Jasanya? karena uang dari transaksi pembelian masih dibawa oleh Admin Kasir, dan belum dilaporkan ke Admin Keuangan.

Untuk laporan keuangan dari transaksi Layanan Jasa melalui laman KASIR JASA ini, dilakukan harian setiap akhir sesi kerja. Admin Kasir harus melakukan pengelompokan trip jasa pada laman PENGELOMPOKAN TRIP JASA (Navigasi: Trip Jasa > Pengelompokan Trip Jasa) untuk membuat Surat Jalan Keuangan dari semua transaksi Layanan Jasa hari itu, untuk dilaporkan kepada Admin keuangan. Cara Pengelompokan Trip Jasa ini selengkapnya bisa dibaca disini.

Cara menggunakan printer POS untuk aplikasi Kasir Jasa

Untuk penggunaan printer pada laman KASIR JASA ini, sebenarnya sama dengan yang digunakan pada laman KASIR TOKO. Anda dapat menggunakan Printer Kasir POS Thermal yang dilengkapi Bluetooth dengan kertas rol lebar 58 mm.

Apabila Anda menggunakan komputer, maka Anda bisa menginstal driver yang biasanya disertakan dalam paket pembelian printer tersebut, di perangkat komputer yang Anda gunakan. Anda bisa menghubungkan printer dengan komputer melalui kabel konektor USB yang juga telah disertakan dalam paket pembelian.

Apabila Anda menggunakan smartphone Android Anda dapat mengunduh aplikasi RawBT di Google Play Store untuk mengkoneksikan smartphone Anda dengan printer POS Kasir melalui Bluetooth. Setelah aplikasi terinstal, Anda dapat membuka aplikasi tersebut. Silahkan klik tombol Konfigurasi, setelah masuk laman konfigurasi, silahkan klik Parameter Koneksi / Printer Bluetooth dengan memilih perangkat yang terhubung: RPP02N. Silahkan isi angka 0000 atau 1234 jika muncul pop up yang meminta  kode pin dalam menghubungkan koneksi Bluetooth. Dan untuk pengaturan yang lainnya bisa di biarkan saja (default).

Sampai disini printer siap digunakan untuk mencetak Nota Kwitansi Layanan Jasa.

Saat Anda melakukan Cetak Nota, akan muncul laman Print Preview. Jika ini adalah pertama kali Anda menggunakan printer tersebut, silahkan pilih jenis pencetakan dengan mengeklik RawBT RPP02N, dan silahkan atur ukuran kertas dengan memilih 58mm Roll. Atau pilih ukuran printer (kertas) sesuai printer yang digunakan (58mm Roll/ 80mm Roll/ 110mm Roll).

Setelah settingan tersebut benar, maka setiap kali laman Print Preview muncul setelah Anda klik tombol Cetak Nota, maka Anda tinggal klik tombol icon Printer untuk mencetak Nota Kwitansi Layanan Jasa.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: