Aplikasi STOKIS.ID menyediakan fitur Katalog Produk yang dapat di akses oleh semua User Admin secara online melalui berbagai perangkat, kapan saja dan dimana saja.

Selain itu Katalog Produk tersebut dapat langsung dicetak atau di eksport dalam bentuk file PDF untuk digunakan sebagai media promosi kepada para Konsumen dalam rangka mengenalkan produk-produk yang Anda pasarkan.

Katalog produk ini saat di akses oleh User Admin akan menampilkan harga Grosir. Mengapa yang tampil pada Katalog Produk bukan harga Retail saja? Karena harga Retail telah ditampilkan pada Toko Online yang diakses secara publik oleh konsumen dari berbagai tempat. Berbeda dengan Katalog Produk ini yang mengakses adalah dari kalangan sendiri. Namun pada laman TOKO ONLINE, harga Retail akan tampil untuk konsumen Non Member atau Member Biasa, sedangkan untuk Member Reseller yang tampil adalah harga Grosir, agar Member Reseller dapat menjual lagi dengan harga Retail.

Semua yang di edit melalui laman EDIT DATA BARANG, UPDATE HARGA, PROMO DISKON, EDIT KATALOG akan otomatis mengupdate data yang tampil pada laman KATALOG PRODUK serta laman TOKO ONLINE secara otomatis.

Laman Daftar Produk

Pada laman DAFTAR PRODUK ini secara umum menampilkan Gambar Produk, Nama Produk, dan Harga.

Selain itu juga akan menampilkan Logo Brand dari produk tersebut, serta menampilkan label Ada Promo jika ada promo yang diberlakukan, ataupun label Discontinue, jika produk tersebut sudah tidak dapat di order kembali, karena suatu hal, misal sudah berhenti diproduksi.

Barang yang Discontinue tidak serta merta harus dihapus saat itu juga. Hal ini dilakukan agar tidak banyak terjadi broken link (error 404) dari Daftar Produk yang ada pada TOKO ONLINE yang telah terindex oleh mesin pencari seperti Google Search. Yang tentunya akan mempengaruhi peringkat SEO sebuah situs TOKO ONLINE. Bukan hanya itu, produk tersebut sebaiknya tidak dihapus karena masih berhubungan dengan transaksi penjualan sebelumnya. Maka dari itu, dari pada menghapusnya dari Daftar Produk, sebaiknya memberi label Discontinue pada Produk tersebut.

Pada Daftar Produk ini terdapat informasi stok gudang: Stok Tersedia, Stok Terbatas dan Pre Order.

Stok Tersedia menandakan bahwa stok tersedia untuk dilakukan pengiriman, sedangkan Stok Terbatas menandakan bahwa stok terbatas (< 5 pcs), dan Pre Order menandakan bahwa stok telah habis, namun bisa dilakukan open PO.

Untuk melihat jumlah stok riel yang masih tersedia, Anda bisa membuka pada laman DATA STOK GUDANG (Navigasi: Stok Gudang > Data Stok Gudang).

Apabila Anda menemukan Keterangan Pilih Type dan Harga mulai Rp…… itu menandakan bahwa produk tersebut memiliki beberapa pilihan Type atau Ukuran (Multiple Product).

Laman Detail Produk

Saat Anda mengeklik salah satu Produk pada Daftar Produk di laman KATALOG PRODUK, maka akan membuka laman Detail Produk tersebut.

Pada laman ini berisi informasi tentang produk tersebut secara mendetail, sesuai yang Anda isikan pada saat proses Input Katalog Produk. Semakin detail informasi yang Anda sajikan pada Deskripsi Produk, maka semakin tertarik konsumen untuk membelinya.

Pada laman ini juga terdapat tombol untuk Edit Katalog yang terdapat pada sisi sebelah bawah Deskripsi Produk. Apabila Anda ingin mengedit beberapa data pada produk tersebut, silahkan klik tombol Edit. Maka akan membuka laman untuk mengedit Detail Produk tersebut. Langkahnya hampir sama seperti saat Anda melakukan proses Input Katalog Produk.

Menampilkan Daftar Produk sesuai Kategori Produk

Pada laman KATALOG PRODUK terdapat banyak laman Daftar Produk. Anda harus menggunakan tombol Pagination yang berada di bawah Daftar Produk untuk membuka laman lainnya secara berurutan satu per satu. Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat menggunakan kolom Pencarian Produk yang telah disediakan pada sebelah kiri atas laman Daftar Produk. Setelah Anda mengetik kata kunci yang Anda inginkan, silahkan klik tombol Cari, maka Daftar Produk sesuai pencarian yang Anda lakukan akan muncul, selama produk tersebut telah proses Input Katalog Produk.

Anda juga dapat menampilkan Daftar Produk sesuai dengan Kategorinya, baik dikombinasikan dengan kolom pencarian ataupun tidak. Silahkan Anda rubah kolom pertama dengan keterangan Semua ke nama Kategori Utama yang di inginkan. Selanjutnya silahkan Anda rubah kolom kedua dengan keterangan Semua ke nama Sub Kategori Produk yang di inginkan. Setelah itu, silahkan klik tombol Cari. Maka Daftar Produk akan muncul sesuai dengan Kategori Produk yang Anda inginkan.

Mencetak langsung dan Mengeksport Katalog Produk ke file PDF

Anda dapat melakukan cetak Katalog Produk maupun mengeksport Katalog Produk dalam bentuk file PDF dengan mengeklik tombol Download Katalog yang terletak di sisi sebelah kanan laman Daftar Produk. Tombol ini hanya akan tampil jika Anda menggunakan layar desktop.

Katalog cetak maupun File Katalog Produk dalam bentuk PDF berguna untuk dikirimkan kepada para konsumen atau calon konsumen baru. Agar mereka tahu produk apa saja yang kita pasarkan tanpa harus membuka TOKO ONLINE yang menggunakan kuota internet. Terutama versi katalog PDF, dimana Anda bisa mengirimnya langsung via email maupun chat Whatsapp untuk mengenalkan produk yang ada pada perusahaan Anda. Dan nantinya konsumen dapat melihat langsung file tersebut yang telah tersimpan di Direktori Folder pada perangkat mereka.

Kenapa pada Daftar Katalog Produk versi Cetak maupun PDF tidak diberi harga? Itu karena terkadang kita menerapkan metode penjualan dimana setiap konsumen dapat diberikan harga yang berbeda-beda, sesuai kondisi dan situasi harga pasaran di wilayah mereka masing-masing. Tujuan pembagian katalog ini hanya untuk memberitahukan semua produk yang kita pasarkan. Masalah harga, bisa ditanyakan langsung kepada Sales Marketing ataupun Admin Penjualan yang bersangkutan.

Bagaimana jika Anda membutuhkan tampilan harga untuk Katalog Produk Anda? Silahkan hubungi kami untuk mengaktifkan harga sesuai yang Anda inginkan pada Katalog Produk Anda, baik itu harga Grosir maupun harga Retail.

  • Silahkan klik tombol Download Katalog pada sisi sebelah kanan atas layar desktop yang menampilkan laman KATALOG PRODUK
  • Maka akan membuka laman tampilan semua produk pada Daftar Produk yang ada. Tunggu hingga semua gambar produk tampil (ter-load) 100%. Untuk Daftar Produk yang mencapai jumlah ribuan produk, maka proses mungkin akan memakan waktu agak lama untuk menampilkan semua gambar produk, tergantung dari stabilitas internet yang Anda gunakan dan besaran size gambar produk yang Anda gunakan.
  • Setelah semua gambar produk tampil, silahkan klik tombol Proses Cetak yang terletak pada sisi sebelah kiri atas laman tampilan Daftar Produk.
  • Maka akan membuka laman Print Preview.
  • Pada laman Print Preview ini, silahkan pilih Nama Printer yang digunakan, dan buat ukuran kertas baru (User-Defined: Brosur) dengan Paper Width: 215 mm dan Paper Height : 165 mm. Untuk kolom margin dan skala pastikan dalam posisi Silahkan klik tombol Cetak untuk mencetak Katalog Produk tersebut melalui perangkat Printer yang telah dipilih.
  • Namun Apabila Anda ingin menyimpan file Katalog Produk tersebut dalam versi PDF. Silahkan pilih Simpan Sebagai PDF. Untuk margin pastikan dalam posisi Default. Silahkan klik tombol Simpan untuk mendownload Katalog Produk tersebut dalam versi file PDF.
  • Khusus untuk Katalog Produk versi PDF setelah berhasil di download, memiliki ukuran size default yang besar, yang cocok digunakan untuk cetak katalog dari file PDF ini. Karena gambar produk lebih jelas dan tidak pecah. Namun jika file PDF ini akan digunakan untuk berbagi file saja, maka untuk memperingan proses pengiriman file PDF via Email maupun Whatsapp, ukuran sizenya harus di kompres atau diperkecil terlebih dahulu. Untuk mengkompres ukuran file PDF dari Katalog Produk ini, bisa dilakukan secara online melalui situs SmallPDF.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: