Data Laba Rugi berisi rangkuman catatan transaksi keluar masuk pendapatan dari penjualan produk dan jasa. Dimana setiap dilakukan Proses Input Insentif per Trip Kiriman maupun Input Insentif per Trip Jasa, maka salah satu prosesnya adalah menambah jumlah pendapatan (Laba Rugi) ke laman DATA LABA RUGI (Navigasi: Laporan > Data Laba Rugi). Sehingga semua pendapatan dari transaksi penjualan produk maupun Jasa sebelumnya, akan terdata dan terkalkulasi dengan Transaksi Penjualan produk maupun Jasa yang baru saja masuk.

Selain itu, juga akan dilakukan penyesuaian pendapatan perusahaan pada laman DATA LABA RUGI ini secara otomatis jika ada:

  • Proses Input Barang Masuk, dimana perusahaan mendapat keuntungan dari bonus barang saat dilakukan pengadaan barang.
  • proses Update Harga yang dilakukan baik penurunan maupun kenaikan harga, dimana akan dilakukan penyesuaian laba rugi dari selisih nilai stok yang tersisa pada gudang.
  • Proses Bagi Hasil Investor pada sistem investasi dan projek pengadaan barang.

Bagaimana menampilkan laporan Laba Rugi per bulan?

Untuk membuat laporan Laba Rugi per bulan, pada laman DATA LABA RUGI (Navigasi: Laporan > Data Laba Rugi) kita bisa melakukan filter berdasarkan Range Tanggal sesuai dengan rentan tanggal berapa sampai dengan tanggal berapa, sesuai yang kita inginkan. Setelah itu klik tombol Filter Data, maka Data Laba Rugi akan muncul sesuai hasil filter.

Bagaimana jika ingin mencetak atau mengimport laporan Laba Rugi?

Anda dapat mencetak ataupun mengeksport file Data Laba Rugi ke Excel / PDF sesuai hasil filter data yang Anda lakukan, dengan mengeklik tombol Print / Excel / PDF sebelah kiri atas Tabel Data Laba Rugi.

Input manual penyesuaian Transaksi Keluar Masuk pada Data Laba Rugi

Anda dapat melakukan revisi penambahan maupun pengurangan pendapatan secara manual untuk melakukan penyesuaian dari Data Laba Rugi yang belum benar.

Selain untuk melakukan revisi, proses penambahan ini dilakukan dengan menginput pendapatan lain-lain. Dimana pendapatan ini diluar proses otomatis yang dilakukan oleh sistem.

Sedangkan proses pengurangan ini dilakukan dengan menginput operasional maupun beban perusahaan. Operasional disini bisa berupa: biaya operasianal kiriman, listrik, air, telepon, internet, gaji karyawan, dan lain-lain. Sedangkan Beban bisa berupa: Angsuran hutang perusahaan, bunga, dan lain-lain.

Proses ini dapat dilakukan pada fitur Catatan Transaksi manual yang telah di sediakan di bagian atas pada laman DATA LABA RUGI (Navigasi: Laporan > Data Laba Rugi) ini.

  • Pada kolom Saldo saat ini, akan muncul nominal saldo pendapatan perusaahan saat ini.
  • Pada kolom Jenis Transaksi, silahkan pilih jenis transaksi : Keluar atau Masuk. Jenis transaksi Keluar adalah untuk mengurangi saldo Pendapatan, dan jenis transaksi Masuk adalah untuk menambah saldo Pendapatan.
  • Pada kolom Nominal, silahkan isi dengan mengetik nominal Pendapatan maupun Pengeluaran yang akan di proses.
  • Pada Kolom Catatan, silahkan pilih Catatan atau Kategori Transaksi yang sesuai. Untuk Kategori Transaksi Keluar silahkan pilih salah satu dari: Revisi Pengurangan Laba Rugi, Operasional, Beban. Sedangkan untuk Kategori Transaksi Masuk: Revisi penambahan Laba Rugi, Pendapatan lain-lain.
  • Pada kolom Catatan Tambahan, silahkan isi dengan mengetik keterangan tambahan yang dibutuhkan, misal tambahan keterangan Kwitansi atau No. Trip yang dilakukan revisi atau keterangan lain tentang proses input keluar masuk pendapatan tersebut dilakukan. Kolom ini bersifat opsional, bisa di isi atau tidak, disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pada kolom Tanggal Transaksi, telah disesuaikan otomatis dengan tanggal hari ini. Anda dapat mengubahnya jika diperlukan saja.
  • Setelah semua kolom terisi, silahkan klik tombol simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka Data Transaksi Pendapatan akan masuk pada Tabel Data Transaksi Pendapatan (Laba Rugi), dan akan menambah atau mengurangi Saldo Pendapatan sesuai dengan jenis transaksinya.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: