Agar Karyawan dan Investor dapat login ke aplikasi, maka dibutuhkan akun User Admin bagi Karyawan dan Investor tersebut. Untuk membuat akun User Admin ini, silahkan Anda selaku Admin Master masuk ke laman USER ADMIN (Navigasi: Pengaturan > User Admin).

Tambah User Admin Karyawan

Setelah masuk ke laman USER ADMIN (Navigasi: Pengaturan > User Admin), silahkan Anda perhatikan kolom Tambah User Admin.

  • Pada kolom Karyawan, Silahkan pilih Nama Karyawan yang ingin dibuatkan akun dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Karyawan tersebut akan terisi.
  • Namun pada kolom Karyawan, jika Nama Karyawan Tersebut telah memiliki User Admin, maka tidak akan muncul kembali di Tabel Data Karyawan untuk dipilih. Silahkan cek pada Tabel Data User Admin dibagian bawah kolom Tambah User Admin.
  • Kolom Username dan Kolom Password akan terisi otomatis oleh sistem. Kolom Username akan terisi sesuai dengan Username Karyawan saat proses Input Data Karyawan. Sedangkan kolom Password akan terisi dengan password standart: 12345678. Untuk keamanan, Password standart untuk akun User Admin ini harus diganti oleh karyawan bersangkutan, setelah akun dibuat. Ganti Password dengan Password yang hanya diketahui oleh Karyawan tersebut. Penggatian password ini bisa dilakukan di laman EDIT PROFIL SAYA (Navigasi: Pengaturan > Edit Profil Saya) pada kolom Ubah Password.
  • Kolom Level Admin, silahkan pilih Level Admin untuk karyawan tersebut sesuai dengan Kategori Jabatannya. Pilihan Level Admin ini adalah: Admin Master, Admin Penjualan, Admin Gudang, Admin Keuangan, Pengembang. Selengkapnya tentang hak akses dan wewenang setiap Level Admin bisa dibaca disini.
  • Kolom Akses Cabang, silahkan pilih Cabang mana untuk akun User Admin karyawan tersebut ditempatkan. Khusus untuk User Admin Keuangan dan Admin Master Akses Cabang harus di atur di Gudang Induk. Sedangkan User Pengembang, Admin Penjualan, Admin Gudang disesuaikan dengan cabang, dimana karyawan tersebut ditempatkan.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka akun User Admin yang Anda buat akan masuk pada Tabel Data User Admin. Dan Karyawan tersebut sudah dapat login dan melakukan transaksi menggunakan akun User Admin-nya masing-masing.

Tambah User Admin Investor

Masih pada laman yang sama, yaitu pada laman USER ADMIN (Navigasi: Pengaturan > User Admin), silahkan Anda perhatikan kolom Tambah User Investor.

  • Pada kolom Investor, Silahkan pilih Nama Investor yang ingin dibuatkan akun dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Investor, silahkan pilih salah satu nama investor yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Investor untuk mempermudah pencarian Nama Investor. Setelah ketemu Nama Investor yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Investor tersebut akan terisi.
  • Namun pada kolom Investor, jika Nama Investor Tersebut telah memiliki User Admin Investor sebelumnya, maka tidak akan muncul kembali di Tabel Data Investor untuk dipilih. Silahkan cek pada Tabel Data User Admin dibagian bawah kolom Tambah User Admin.
  • Kolom Username dan Kolom Password akan terisi otomatis oleh sistem. Kolom Username akan terisi sesuai dengan Username Investor saat proses Input Data Investor. Sedangkan kolom Password akan terisi dengan password standart: 12345678. Untuk keamanan, Password standart untuk akun User Admin Investor ini harus diganti oleh investor bersangkutan, setelah akun dibuat. Ganti Password dengan Password yang hanya diketahui oleh Investor tersebut. Penggatian password ini bisa dilakukan di laman EDIT PROFIL SAYA (Navigasi: Pengaturan > Edit Profil Saya) pada kolom Ubah Password.
  • Kolom Level Admin ini akan terisi otomatis dengan Level Admin Investor.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka akun User Admin yang Anda buat akan masuk pada Tabel Data User Admin. Dan Investor tersebut sudah dapat login dan melakukan transaksi menggunakan akun User Admin-nya masing-masing.

Edit dan Hapus Data User Admin

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data User Admin dapat dilakukan pada laman USER ADMIN tersebut, tepatnya pada kolom Tindakan pada Tabel Data User Admin.

  • Silahkan Anda cari Data User Admin yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data User Admin, dengan mengetik Nama User Admin.
  • Setelah Data User Admin muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data User Admin
  • Tindakan Edit dan Hapus ini hanya bisa dilakukan oleh User Admin Master. Agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Reset Password Data User Admin

Tindakan Reset Password pada Data User Admin juga dapat dilakukan pada laman USER ADMIN tersebut. Tepatnya pada kolom Tindakan pada Tabel Data User Admin. Reset Password ini dibutuhkan jika User Admin tersebut lupa dengan Password sebelumnya.

  • Silahkan Anda cari Data User Admin yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data User Admin, dengan mengetik Nama User Admin.
  • Setelah Data User Admin muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon panah memutar untuk mereset password User Admin tersebut kembali ke Password Standart: 12345678.
  • Tindakan Reset Password ini hanya bisa dilakukan oleh User Admin Master. Agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: