Proses pencatatan transaksi keuangan diperlukan agar Anda bisa mengetahui siklus perputaran kas keuangan Anda yang digunakan untuk bertransaksi dalam menjalankan bisnis, serta mengetahui sisa saldo Kas yang masih tersedia.

Kas Keuangan ini terbagi dalam Kas di Tangan dan Kas di Bank. Kas di Tangan merupakan kas keuangan tunai yang Anda pegang atau simpan di dalam brangkas. Sedangkan Kas di Bank merupakan kas keuangan yang tersimpan di masing-masing rekening Akun Bank Perusahaan.

Mencatat transaksi keuangan untuk Kas di Bank

Proses ini dapat dilakukan pada fitur Catatan Transaksi manual yang telah di sediakan di bagian atas pada laman KAS DI BANK (Navigasi: Laporan > Kas di Bank).

Disini kami membuat catatan transaksi yang dilakukan langsung melalui proses transfer bank, dapat di lakukan pencatatan langsung pada laman ini. Tanpa harus dimasukan terlebih dahulu transaksi tersebut ke laman Kas di Tangan.

Anda dapat membuat rangkuman dari semua transaksi yang terjadi pada semua No. Rekening yang perusahaan Anda miliki pada laman ini, sehingga mempermudah Anda dalam membaca semua transaksi pada semua Akun Bank Perusahaan Anda.

Jadi disini diperlukan pencatatan (rekap) dari setiap transaksi yang terjadi pada rekening bank Anda masing-masing. Agar Anda tidak perlu mengecek saldo satu per satu pada rekening bank. Dan dengan adanya laman ini, Anda sebagai pemilik bisnis dapat mengetahui detail transaksi bank tersebut digunakan untuk apa, serta sisa semua saldo kas di bank tinggal berapa, hanya melalui smartphone Anda.

  • Pada kolom Saldo saat ini, akan muncul nominal saldo kas di Bank perusaahan saat ini.
  • Pada kolom Jenis Transaksi, silahkan pilih jenis transaksi : Keluar atau Masuk. Jenis transaksi Keluar adalah untuk mengurangi saldo Kas di Bank, dan jenis transaksi Masuk adalah untuk menambah saldo Kas di Bank.
  • Pada kolom Nominal, silahkan isi dengan mengetik nominal Kas Masuk maupun Kas Keluar yang akan di proses.
  • Pada Kolom Kategori Transaksi, silahkan pilih Kategori Transaksi yang sesuai. Untuk Kategori Transaksi Masuk silahkan pilih salah satu: Modal, Pembiayaan, Setoran Penjualan, Setoran Jasa, Pemasukan lain-lain, Deposit Saldo. Sedangkan untuk Kategori Transaksi Keluar silahkan pilih: Pengadaan Barang, Beban Operasional, Angsuran dan Bagi Hasil, Gaji dan Insentif, Prive Modal, Bon Karyawan, Pengeluaran lain-lain, Penarikan Saldo, Pindah Rekening Bank. Kategori Transaksi ini akan digunakan untuk memfilter Data Berdasarkan Kategori Transaksi
  • Pada kolom Rekening. Silahkan pilih Rekening Bank Perusahaan yang akan digunakan untuk menyimpan atau menarik saldo Kas di Bank tersebut.
  • Pada kolom Catatan, silahkan isi dengan mengetik keterangan dari transaksi Catatan ini akan masuk pada kolom Keterangan Transaksi pada Tabel Data Transaksi Kas di Bank.
  • Pada kolom Tanggal Transaksi, telah disesuaikan otomatis dengan tanggal hari ini. Anda dapat mengubahnya jika diperlukan saja, misal menyesuaikan dengan tanggal transaksi pada akun bank perusahaan Anda tersebut.
  • Setelah semua kolom terisi, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka Data Transaksi tersebut akan masuk pada Tabel Data Transaksi Kas di Bank, dan akan menambah atau mengurangi Saldo Kas sesuai dengan jenis transaksinya pada Akun Bank masing-masing yang digunakan untuk bertransaksi.
  • Khusus untuk Kategori Transaksi Penarikan Saldo, maka saldo kas pada rekening bank yang Anda pilih akan otomatis berpindah dan menambah saldo ke laman KAS DI TANGAN (Navigasi: Laporan > Kas di Tangan). Tidak perlu melakukan pencatatan (input) secara manual.
  • Khusus untuk Kategori Transaksi Pindah Rekening Bank, maka saldo kas pada Rekening Bank A akan beralih ke Rekening Bank B, Saldo Kas Bank A akan berkurang dan Saldo Kas Bank B akan bertambah. Tidak perlu melakukan pencatatan (input) secara manual.

Bagaimana menampilkan laporan Kas di Bank per bulan?

Untuk membuat laporan Kas di Bank per bulan, pada laman KAS DI BANK (Navigasi: Laporan > Kas di Bank) kita bisa melakukan filter berdasarkan Range Tanggal sesuai dengan rentan tanggal berapa sampai dengan tanggal berapa, sesuai yang kita inginkan. Setelah itu klik tombol Filter Data, maka Data Transaksi Kas di Bank akan muncul sesuai hasil filter.

Disini Anda juga dapat memfilter Data berdasarkan Jenis Transaksi dan Kategori Transaksi masing-masing. Dengan memilih pilihan pada kolom Jenis Transaksi dan Kategori Transaksi, Atau memfilter sesuai Rekening Bank yang di inginkan, sebelum mengeklik tombol Filter Data. Maka hasil yang muncul akan lebih spesifik lagi sesuai dengan Kategori Transaksi dan Rekening Bank masing-masing.

Bagaimana jika ingin mencetak atau mengimport laporan Kas di Bank?

Anda dapat mencetak ataupun mengeksport file Data Transaksi Kas di Bank ke Excel / PDF sesuai hasil filter data yang Anda lakukan, dengan mengeklik tombol Print / Excel / PDF sebelah kiri atas Tabel Data Transaksi Kas di Bank.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: