Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Input barang masuk pada cabang harus melalui Proses Transfer Stok. Dimana Gudang Cabang melakukan order stok kepada Gudang Induk atau Gudang Cabang lain yang memiliki Stok Barang yang dibutuhkan Gudang Tersebut.

Untuk mengetahui Data Stok Gudang tiap cabang, silahkan buka laman DATA STOK GUDANG (Navigasi: Stok Gudang > Data Stok Gudang) dengan menggunakan fitur filter berdasarkan Cabang. Silahkan pilih Cabang yang ingin dilihat Data Stoknya, kemudian tekan tombol Filter Data. Dan Gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Stok Gudang untuk mempermudah mencari Nama Barang yang ingin dicari.

Untuk melakukan Input Order Stok silahkan Anda buka laman INPUT ORDER STOK (Navigasi: Transfer Stok > Input Order Stok). Setelah masuk ke laman tersebut:

  • Kolom No. Transfer, Tanggal Order, Status Transfer: Order dan Admin Input sudah terisi otomatis.
  • Apabila Anda menggunakan user akun Admin Gudang untuk Input Order Stok, maka data Cabang Pengorder akan terisi otomatis sesuai Gudang Cabang Admin tersebut bertugas. Namun jika Anda login menggunakan user akun Admin Master, Anda harus memilih dulu data Cabang Pengorder mana yang Anda wakili untuk mengorder stok kepada cabang lain. Silahkan buka icon folder pada sisi sebelah kanan kolom Nama Cabang, maka pop up Tabel Data Gudang Cabang akan tampil. Setelah Tabel Data Gudang Cabang Tampil, silahkan pilih Nama Cabang, maka kolom pada Cabang Pengorder akan terisi.
  • Selanjutnya silahkan pilih Cabang Pemroses yang akan Anda mintai Stok Barang dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom Nama Cabang. Maka pop up Tabel Data Gudang Cabang akan muncul. Setelah Tabel Data Gudang Cabang muncul, silahkan pilih Nama Cabang, maka kolom pada Cabang Pemroses akan terisi.
  • Silahkan isi kolom Data Barang dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom No. SKU. Maka pop up Tabel Data Barang akan muncul. Untuk mempermudah mencari Nama Barang bersangkutan, silahkan gunakan kolom Search yang telah disediakan diatas Tabel Data Barang. Silahkan klik Nama Barang yang sesuai, maka Data Barang (Kolom: No. SKU, Nama Barang) akan terisi.
  • Silahkan isi kolom Jumlah dengan quantity stok barang yang ingin di order tersebut.
  • Klik tombol Tambah. Maka data barang order stok akan bertambah di dalam Tabel Rincian Data Barang Order Stok.
  • Silahkan ulangi lagi langkah diatas (isi kolom Data Barang) untuk menambah barang order stok yang lain, ini jika Anda ingin order stok lebih dari satu jenis barang.
  • Setelah semua data barang order stok telah masuk di dalam Tabel Rincian Data Barang Order Stok, silahkan cek kembali. Apabila ada salah satu barang yang ingin di hapus karena double input atau salah barang, silahkan klik icon tempat sampah pada baris Tabel Rincian Data Barang Order Stok, klik tombol OK pada pop up yang muncul, dan data barang tadi akan terhapus dari dalam Tabel Rincian Data Barang Order Stok.
  • Langkah terakhir, setelah semua data barang yang ingin di order stok telah sesuai, silahkan klik tombol Simpan. Maka Daftar Barang yang di Order Stok Cabang tersebut akan masuk ke laman DAFTAR ORDER STOK (Navigasi: Transfer Stok > Daftar Order Stok) pada gudang / cabang yang dimintai Stok Barang (Pemroses), sesuai antrian masuknya. Selengkapnya bisa baca disini.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: