Data Supplier dibutuhkan ketika Anda ingin menginput Data Barang Masuk berdasarkan Nama Supplier dari barang yang Anda beli (kulakan) dalam proses pengadaan barang.

Apabila itu merupakan Supplier Baru, maka Anda harus melakukan proses input Data Supplier. Dan apabila itu merupakan supplier lama, namun ada perubahan data pada Supplier tersebut, Anda dapat mengedit Data Supplier. Atau Anda juga bisa menghapus Data Supplier tersebut jika memang dibutuhkan.

Input Data Supplier Baru

Saat Anda ingin menginput Data Supplier Baru tempat Anda melakukan kulakan barang, silahkan Anda masuk ke laman INPUT SUPPLIER (Navigasi: SDM > Supplier > Input Supplier Baru).

  • Kolom ID Supplier sudah terisi otomatis dari sistem.
  • Silahkan ketik Nama Supplier (Nama Perusahaan dan Nama Pemilik) pada kolom Nama Supplier.
  • Pada kolom Nama Jalan, Desa, RT/RW, silahkan isi detail alamat Supplier Anda.
  • Pada kolom Kabupaten / Kota, silahkan ketik dengan nama Kabupaten / kota dari Supplier Anda, untuk nantinya mempermudah jika ingin memfilter Data Supplier berdasarkan Nama Kabupaten / Kota.
  • Pada kolom No. Telepon, silahkan ketik No. Telepon atau No. WA untuk mempermudah komunikasi saat menanyakan informasi tentang produk maupun melakukan order barang kulakan.
  • Pada kolom Keterangan, silahkan isi dengan keterangan tentang supplier tersebut, atau produk yang mereka jual, termasuk link share lokasi agar saat proses pengambilan barang kulakan yang diwakilkan kepada petugas Driver kita, bisa lebih mudah.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Maka Data Supplier Baru akan masuk ke laman DATA SUPPLIER (Navigasi: SDM > Supplier > Data Supplier).

Edit dan Hapus Data Supplier

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data Supplier dapat dilakukan pada laman DATA SUPPLIER (Navigasi: SDM > Supplier > Data Supplier). Pada laman ini selain digunakan untuk melakukan tindakan edit dan hapus data, bisa juga digunakan untuk melihat semua Data Supplier yang berkerjasama dengan perusahaan Anda dalam hal pengadaan barang.

  • Silahkan Anda cari Data Supplier yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Supplier, dengan mengetik Nama Supplier
  • Setelah Data Supplier muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Supplier tersebut.

Untuk keamanan Data Supplier ini, Fitur Supplier ini hanya bisa diakses oleh User Admin tertentu, yaitu hanya: User Admin Master, Admin Gudang Induk, dan Admin Keuangan saja.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: