Data Konsumen dibutuhkan pada semua transaksi penjualan. Apabila itu merupakan Konsumen Baru, maka Anda harus melakukan proses Input Konsumen Baru. Dan apabila itu merupakan Konsumen lama, namun ada perubahan data pada konsumen tersebut, Anda dapat mengedit Data Konsumen tersebut. Atau Anda juga bisa menghapus Data Konsumen tersebut jika memang dibutuhkan.

Input Konsumen Baru

Saat Anda ingin menginput Data Konsumen baru yang melakukan pembelian untuk pertama kali, silahkan Anda masuk ke laman INPUT KONSUMEN BARU (Navigasi: SDM > Konsumen > Input Konsumen Baru).

  • Pada kolom ID Konsumen, sudah terisi otomatis dari sistem.
  • Pada kolom Cabang, silahkan Anda pilih Cabang untuk konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian. Pilihan Cabang ini khusus untuk User Admin Master. Untuk User Admin lainnya, selain User Admin Master, kolom Cabang sudah otomatis sesuai dengan Cabangnya masing-masing.
  • Pada kolom Nama, silahkan isi dengan mengetik Nama Toko dan nama pemilik yang menjadi konsumen baru tersebut.
  • Pada kolom Provinsi, silahkan Anda pilih Provinsi sesuai alamat konsumen tersebut berdomisili atau alamat tempat melakukan usaha.
  • Pada kolom Kabupaten / Kota, silahkan Anda pilih Kabupaten / Kota sesuai alamat konsumen tersebut berdomisili atau alamat tempat melakukan usaha.
  • Pada kolom Kecamatan, silahkan Anda pilih Kecamatan sesuai alamat konsumen tersebut berdomisili atau alamat tempat melakukan usaha.
  • Pada kolom Nama Jalan, Desa RT/RW, silahkan isi dengan mengetik detail alamat lengkap konsumen tersebut berdomisili atau alamat tempat melakukan usaha.
  • Pada kolom No. Telepon, silahkan ketik No. Telepon atau No. WA untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen tersebut saat melakukan transaksi, maupun melakukan promosi / pengenalan produk dan layanan baru dari bisnis Anda.
  • Pada kolom Keterangan, silahkan isi dengan mengetik link share lokasi alamat konsumen dari Google Maps untuk mempermudah saat proses pengiriman, bila pengiriman ditangani oleh perusahaan Anda sendiri. Atau bisa juga kolom Keterangan ini di isi dengan keterangan lain, yang menjelaskan secara singkat informasi tentang konsumen tersebut. Ini untuk mempermudah jika ada user admin baru dalam melakukan follow up dan mengelola konsumen tersebut.
  • Pada kolom Pengembang, silahkan isi sesuai dengan nama karyawan (marketing) yang melakukan lobi, transaksi atau mendaftarkan konsumen tersebut untuk pertama kali. Silahkan pilih Pengembang dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Pengembang tersebut akan terisi. Status Pengembang tersebut berlaku selamanya, selama konsumen tersebut terdaftar dan melakukan transaksi.
  • Pada kolom Leader, silahkan isi sesuai dengan nama karyawan yang menjadi Leader atau supervisor dari Pengembang (Marketing) Silahkan pilih Leader dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Leader tersebut akan terisi.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka Data Konsumen Baru akan masuk ke laman DATA KONSUMEN (Navigasi: SDM > Konsumen > Data Konsumen).
  • Apabila gagal dalam input data konsumen baru (Data di tolak sistem), itu karena Data konsumen tersebut telah ada pada Data Konsumen (Yang telah menjadi milik pengembang lainnya). Untuk itu, silahkan hubungi Admin Penjualan atau Pengembang dari Konsumen bersangkutan untuk melakukan input orderan dari konsumen yang telah terdaftar dengan nama pengembang lain. Jadi, untuk keamanan Data Konsumen pada setiap Pengembang dan agar bisa dilakukan kroscek penjualan, Data Konsumen hanya akan muncul sesuai dengan akun user pengembangnya masing-masing. Yang dapat melihat data konsumen dari semua pengembang yang ada adalah Admin yang memiliki tanggung jawab dan diberi wewenang disana. Dan agar tidak terjadi bentrok antar pengembang, konsumen yang telah terdaftar atas nama pengembang lain, tidak dapat di daftarkan kembali pada sistem.

Edit dan Hapus Data Konsumen

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data Konsumen dapat dilakukan pada laman DATA KONSUMEN (Navigasi: SDM > Konsumen > Data Konsumen). Jadi laman ini selain digunakan untuk melakukan tindakan edit dan hapus data, bisa juga digunakan untuk melihat semua Data Konsumen yang menjadi pelanggan dari bisnis Anda.

  • Silahkan Anda cari Data Konsumen yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Konsumen, dengan mengetik Nama Konsumen.
  • Setelah Data Konsumen muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Konsumen
  • Untuk proses edit Data Karyawan ini, ada beberapa kolom yang dibatasi untuk tidak dapat di edit oleh User Admin selain User Admin Master. Silahkan konfirmasi User Admin Master untuk melakukan edit pada Data Konsumen tersebut. Hal ini dilakukan untuk keamanan Data Konsumen pada setiap Pengembang, agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Begitupun dengan proses hapus Data Karyawan, untuk keamanan setiap Data Konsumen, yang bisa melakukan tindakan hapus ini hanya User Admin Master.

Mengelola Data Konsumen

Laman DATA KONSUMEN (Navigasi: SDM > Konsumen > Data Konsumen), selain untuk melihat dan mencari nama konsumen tertentu dari semua Data Karyawan, juga digunakan untuk melakukan tindakan menghapus ataupun mengedit Data Konsumen yang terdaftar.

Dalam melihat Data Konsumen ini, Anda dapat melakukan fitur Filter Berdasarkan nama Kabupaten / Kota dari domisili konsumen tersebut, dan atau filter berdasarkan Kategori Konsumen tersebut masuk pada cabang bisnis Anda yang mana.

Pada Laman ini Anda juga dapat mengeksport semua Data Konsumen atau sebagian dari Data Konsumen berdasarkan hasil filter yang Anda lakukan. Silahkan klik tombol Print untuk mencetak Data Konsumen tersebut, atau klik tombol PDF atau Excel untuk mengeksport file Data Konsumen dalam format yang Anda pilih. Tombol Print / Excel / PDF ini terletak diatas Tabel Data Konsumen. Namun yang bisa melakukan tindakan ini hanya Admin Master saja, ini untuk keamanan dari semua Data Konsumen pada bisnis Anda.

Untuk User Admin yang lain hanya bisa memfiter dan melihat Data Konsumen sesuai dengan kapasitasnya saja.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: