Data Karyawan dibutuhkan pada semua transaksi dan operasional yang ada pada suatu perusahaan yang bertugas sesuai posisi jabatannya. Apabila itu merupakan Karyawan Baru, maka Anda harus melakukan proses Input Karyawan Baru. Dan apabila itu merupakan karyawan lama, namun ada perubahan data pada karyawan tersebut, Anda dapat mengedit Data Karyawan tersebut. Atau Anda juga bisa menghapus Data Karyawan tersebut jika memang dibutuhkan, misal karyawan tersebut telah Resign atau di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Input Karyawan Baru

Saat Anda ingin menginput Data Karyawan baru yang lolos tes penerimaan karyawan baru, silahkan Anda masuk ke laman INPUT KARYAWAN BARU (Navigasi: SDM > Karyawan > Input Karyawan Baru).

  • Pada kolom NIK, silahkan isi dengan mengetik Nomor KTP karyawan baru tersebut.
  • Pada kolom Nama Lengkap, silahkan isi dengan mengetik Nama Lengkap karyawan baru tersebut.
  • Pada kolom Username, silahkan isi dengan mengetik Nama Panggilan karyawan baru tersebut, yang nantinya bisa digunakan sebagai nama pada User Admin.
  • Pada kolom Jabatan, silahkan Anda pilih posisi jabatan karyawan baru tersebut ditempatkan. Untuk kategori jabatan yang tersedia (bawaan sistem) yaitu: Driver, Pengembang, Admin Penjualan, Admin Gudang, Admin Keuangan, Manager, QC, Tenaga Gudang. Apabila Anda ingin menambah satu atau beberapa kategori jabatan baru lagi, Anda bisa menambah Kategori Jabatan pada laman KATEGORI JABATAN (Navigasi: Pengaturan > Kategori Jabatan). Dan sebaiknya Anda tidak mengedit atau menghapus Kategori Jabatan yang telah tersedia, karena berkaitan dengan rumus pembagian insentif berdasarkan Kategori Jabatan karyawan masing-masing yang bertugas.
  • Pada kolom Alamat Lengkap, silahkan isi detail alamat lengkap karyawan baru tersebut berdomisili.
  • Pada kolom No. Telepon, silahkan ketik No. Telepon atau No. WA untuk mempermudah komunikasi dengan karyawan tersebut.
  • Pada kolom Mulai Kerja, silahkan klik dengan memilih tanggal karyawan tersebut mulai bekerja.
  • Silahkan unggah file pendukung seperti file PDF surat lamaran / foto KTP karyawan tersebut pada kolom File Terlampir. Klik tombol Pilih File, maka akan membuka pop up Direktori Folder pada perangkat yang yang Anda gunakan. Silahkan pilih file karyawan baru yang tersimpan di perangkat Anda untuk di unggah dan di simpan ke aplikasi.
  • Pada kolom Rekening, silahkan isi Nomor Rekening Bank karyawan yang masih aktif. Rekening bank ini digunakan untuk mentransfer pembayaran gaji atau mentransfer insentif saat karyawan tersebut melakukan Tarik Insentif.
  • Pada kolom Atas Nama Rekening, silahkan isi dengan mengetik nama pemilik Rekening Bank Ini untuk memastikan bahwa rekening tersebut adalah benar milik karyawan tersebut, atau untuk memastikan jika karyawan menggunakan rekening bank milik orang lain, misal milik istri/suami atau kerabatnya yang lain.
  • Pada kolom Nama Bank, silahkan isi dengan mengetik Nama Bank tersebut, agar memudahkan Admin Keuangan mengidentifikasi Nama Bank dari rekening tersebut saat melakukan transfer bank.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Maka Data Karyawan Baru akan masuk ke laman DATA KARYAWAN (Navigasi: SDM > Karyawan> Data Karyawan). Selain itu Data Karyawan tersebut akan masuk pada Tabel Data Karyawan pada laman USER ADMIN (Navigasi: Pengaturan > User Admin) untuk dilakukan pembuatan akun User Admin untuk karyawan tersebut Login ke aplikasi, agar karyawan tersebut melakukan proses transaksi sesuai tugas dan wewenangnya.

Edit dan Hapus Data Karyawan

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data Karyawan dapat dilakukan pada laman DATA KARYAWAN (Navigasi: SDM > Karyawan > Data Karyawan). Jadi laman ini selain digunakan untuk melakukan tindakan edit dan hapus data, bisa juga digunakan untuk melihat semua Data Karyawan yang berkerja di perusahaan Anda.

  • Silahkan Anda cari Data Karyawan yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Karyawan, dengan mengetik Nama Karyawan.
  • Setelah Data Karyawan muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Karyawan tersebut.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: