Data Investor dibutuhkan apabila bisnis Anda membutuhkan pendanaan dari pihak luar (investor) dalam investasi pengadaan barang, agar bisnis Anda lebih cepat berkembang. Apabila itu merupakan Investor Baru, maka Anda harus melakukan proses Input Investor Baru. Dan apabila itu merupakan Investor lama, namun ada perubahan data pada investor tersebut, Anda dapat mengedit Data Investor tersebut. Atau Anda juga bisa menghapus Data Investor tersebut jika memang diperlukan.

Input Investor Baru

Saat Anda ingin menginput Data Investor baru yang melakukan investasi atau pembiayaan untuk pertama kali, silahkan Anda masuk ke laman INPUT INVESTOR BARU (Navigasi: SDM > Investor > Input Investor Baru).

  • Pada kolom NIK, silahkan isi dengan mengetik Nomor KTP Investor baru tersebut.
  • Pada kolom Nama Lengkap, silahkan isi dengan mengetik Nama Lengkap Investor baru tersebut.
  • Pada kolom Username, silahkan isi dengan mengetik Nama Panggilan Investor baru tersebut, yang nantinya bisa digunakan sebagai nama pada User Admin.
  • Pada kolom Alamat Lengkap, silahkan isi detail alamat lengkap investor baru tersebut berdomisili.
  • Pada kolom No. Telepon, silahkan ketik No. Telepon atau No. WA untuk mempermudah komunikasi dengan investor tersebut.
  • Pada kolom No. Rekening, silahkan isi Nomor Rekening Bank investor yang masih aktif. Rekening bank ini digunakan untuk mentransfer pengembalian dana, pembayaran bagi hasil atau mentransfer insentif saat investor tersebut melakukan penarikan dana.
  • Pada kolom Atas Nama Rekening, silahkan isi dengan mengetik nama pemilik Rekening Bank Ini untuk memastikan bahwa rekening tersebut adalah benar milik Investor tersebut, atau untuk memastikan jika investor menggunakan rekening bank milik orang lain, misal milik istri/suami atau kerabatnya yang lain.
  • Pada kolom Nama Bank, silahkan isi dengan mengetik Nama Bank tersebut, agar memudahkan Admin Keuangan mengidentifikasi Nama Bank dari rekening tersebut saat melakukan transfer bank.
  • Pada kolom Keterangan, silahkan isi dengan mengetik link share lokasi alamat investor dari Google Maps. Atau bisa juga kolom Keterangan ini di isi dengan keterangan lain, yang menjelaskan secara singkat informasi tentang investor tersebut. Ini untuk mempermudah jika ada user Admin Keuangan baru dalam melakukan follow up dan mengelola investor tersebut.
  • Pada kolom Pengembang, silahkan isi sesuai dengan nama karyawan (marketing) yang melakukan lobi, atau mendaftarkan investor tersebut untuk pertama kali. Silahkan pilih Pengembang dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Pengembang tersebut akan terisi. Status Pengembang tersebut berlaku selamanya, selama investor tersebut terdaftar dan melakukan investasi.
  • Pada kolom Leader, silahkan isi sesuai dengan nama karyawan yang menjadi Leader atau supervisor dari Pengembang (Marketing) Silahkan pilih Leader dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom tersebut. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian Nama Karyawan. Setelah ketemu Nama Karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka kolom Leader tersebut akan terisi.
  • Setelah selesai mengisi kolom yang tersedia, silahkan klik tombol Simpan.
  • Ketika proses penyimpanan berhasil, maka Data Investor Baru akan masuk ke laman DATA INVESTOR (Navigasi: SDM > Investor > Data Investor).

Edit dan Hapus Data Investor

Tindakan menghapus ataupun mengedit Data Investor dapat dilakukan pada laman DATA INVESTOR (Navigasi: SDM > Investor > Data Investor). Jadi laman ini selain digunakan untuk melakukan tindakan edit dan hapus data, bisa juga digunakan untuk melihat semua Data Investor yang menjadi investor (penanam modal) pada bisnis Anda. Yang bisa melihat Data Investor ini hanya user Admin Master dan Admin Keuangan, agar privasi dan keamanan Data Investor ini dapat terjaga.

  • Silahkan Anda cari Data Investor yang akan di edit atau ingin di hapus. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom search yang terdapat di atas Tabel Data Investor, dengan mengetik Nama Investor.
  • Setelah Data Investor muncul sesuai yang Anda cari, silahkan klik icon pensil untuk mengeditnya atau klik icon Tempat Sampah pada kolom Tindakan untuk menghapus Data Investor
  • Tindakan edit dan hapus ini hanya bisa dilakukan oleh User Admin Master, agar tidak dapat dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: