Aplikasi STOKIS.ID menyediakan fitur Katalog Produk yang dapat di akses oleh semua User Admin secara online melalui berbagai perangkat, kapan saja dan dimana saja. Selain itu Katalog Produk tersebut dapat langsung dicetak atau di eksport dalam bentuk file PDF untuk digunakan sebagai media Promosi kepada para Konsumen dalam rangka mengenalkan produk-produk yang Anda pasarkan.

Untuk memiliki Katalog Produk ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan proses Input Katalog pada Laman INPUT KATALOG (Navigasi: Katalog > Input Katalog).

Sebelum menginput katalog produk ini, pastikan dulu produk yang ingin Anda masukan pada laman KATALOG PRODUK ini merupakan Single Product atau Multiple Product.

Single Product merupakan produk yang hanya terdiri dari satu type atau satu ukuran saja. Sedangkan Multiple Product merupakan produk yang terdiri dari beberapa type, beberapa ukuran, dengan harga yang berbeda-beda.

Input Katalog Single Product

Secara default tampilan utama dari laman INPUT KATALOG ini adalah laman untuk input katalog Single Product.

  • Pada kolom Pilih Barang, silahkan klik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom, maka pop up Tabel Data Barang akan muncul. Untuk mempermudah mencari Nama Barang yang ingin di masukan ke laman KATALOG PRODUK, silahkan gunakan kolom Search yang telah disediakan diatas Tabel Data Barang. Silahkan klik Nama Barang yang sesuai, maka kolom Nama Barang, Harga Net, Harga Retail akan terisi sesuai Data Barang tersebut.
  • Pada proses Pilih Barang ini, untuk barang yang telah dimasukan ke laman KATALOG PRODUK sebelumnya, tidak akan tampil kembali untuk di pilih. Agar tidak terjadi dobel input Katalog Produk.
  • Disini Anda dapat memilih produk mana saja yang ingin di masukan ke dalam laman KATALOG PRODUK, dan produk mana yang tidak. Untuk produk yang tidak ingin di masukan ke dalam Katalog, bisa dibiarkan saja atau tidak usah di pilih untuk di proses input Katalog
  • Pada Kolom Berat Produk, silahkan isi dengan mengetik nominal berat dalam satuan Kilogram (Kg). Misal jika berat 750 gr maka penulisannya adalah 75 (kg), jika berat 1000 gr maka penulisannya adalah 1 (kg), jika berat 1500 gr maka penulisannya 1.5 (kg), dan seterusnya. Cukup tulis angkanya saja tanpa di ikuti huruf Kg.
  • Pada kolom Kategori Produk, silahkan ketik nama Kategori utama produk tersebut. Saat Anda mengetik beberapa huruf awal, maka akan muncul pilihan nama Kategori Utama sesuai huruf yang Anda ketik. Silahkan klik untuk memilih nama Kategori Produk yang muncul dibawah kolom tersebut. Maka kolom Kategori Produk akan terisi. Perhatian ! ketikan nama Kategori Produk langsung pada kolom tidak berlaku. Anda diharuskan mengetik untuk mencari, dan memilih dari data nama yang muncul dibawah kolom tersebut.
  • Apabila Kategori yang Anda cari tidak muncul. Silahkan cek nama Kategori Utama tersebut sudah ada apa belum pada laman KATEGORI UTAMA (Navigasi: Katalog > Setting Katalog > Kategori Utama).
  • Apabila Kategori Utama tersebut belum tersedia, silahkan tambahkan nama Kategori Utama untuk barang tersebut sesuai dengan jenisnya. Penambahan nama Kategori utama ini bisa dengan mengeklik tombol Tambah Kategori Utama Baru. Setelah di klik, akan muncul pop up yang berisi kolom Kategori Utama, silahkan isi dengan mengetik nama Kategori Produk yang sesuai, dan klik tombol Tambahkan. Maka Kategori Utama yang baru akan masuk pada Tabel Nama Kategori Utama.
  • Anda dapat mengedit nama ataupun menghapus Nama Kategori Utama dengan mengeklik icon tempat sampah untuk menghapus, dan icon pensil untuk mengedit pada kolom Tindakan pada Tabel Nama Kategori Utama
  • Pada kolom Sub Kategori Produk, silahkan ketik nama Sub Kategori Produk Saat Anda mengetik beberapa huruf awal, maka akan muncul pilihan nama Sub Kategori Produk sesuai huruf yang Anda ketik. Silahkan klik untuk memilih nama Sub Kategori Produk yang muncul dibawah kolom tersebut. Maka kolom Sub Kategori Produk akan terisi. Perhatian ! ketikan nama Sub Kategori Produk langsung pada kolom tidak berlaku. Anda diharuskan mengetik untuk mencari, dan memilih dari data nama yang muncul dibawah kolom tersebut.
  • Apabila Sub Kategori Produk yang Anda cari tidak muncul. Silahkan cek nama Sub Kategori Produk tersebut sudah ada apa belum pada laman SUB KATEGORI (Navigasi: Katalog > Setting Katalog > Sub Kategori).
  • Apabila nama Sub Kategori Produk tersebut belum tersedia, silahkan tambahkan nama Sub Kategori Produk untuk barang tersebut sesuai dengan jenisnya. Penambahan nama Sub Kategori Produk ini bisa dengan mengeklik tombol Tambah Sub Kategori Baru. Setelah di klik, akan muncul pop up untuk menambahkan Sub Kategori, silahkan pilih terlebih dahulu Kategori utama untuk Sub Kategori Setelah itu, pada kolom Sub Kategori silahkan isi dengan mengetik nama Sub Kategori Produk yang sesuai. kemudian klik tombol Tambahkan. Maka Sub Kategori yang baru akan masuk pada Tabel Nama Sub Kategori.
  • Anda dapat mengedit nama ataupun menghapus Nama Sub Kategori Produk dengan mengeklik icon tempat sampah untuk menghapus, dan icon pensil untuk mengedit pada kolom Tindakan pada Tabel Nama Sub Kategori diatas.
  • Perbedaan Kategori Utama dan Sub Kategori adalah bisa dilihat pada contoh berikut: Kategori Utama misal adalah Elektronik, maka Sub Kategori nya bisa berupa TV / Audio Video, Lemari ES, Pendingin Ruangan, Kipas Angin, dll… Dimana tiap nama sub kategori bisa berisi daftar produk yang sesuai dengan jenisnya dari berbagai merk dan type.
  • Pada kolom Brand, silahkan ketik nama Brand Produk Saat Anda mengetik beberapa huruf awal, maka akan muncul pilihan nama Brand Produk sesuai huruf yang Anda ketik. Silahkan klik untuk memilih nama Brand Produk yang muncul dibawah kolom tersebut. Maka kolom Brand akan terisi. Perhatian ! ketikan nama Brand Produk langsung pada kolom tidak berlaku. Anda diharuskan mengetik untuk mencari, dan memilih dari data yang muncul dibawah kolom tersebut.
  • Apabila Brand Produk yang Anda cari tidak muncul. Silahkan cek nama Brand Produk tersebut sudah ada apa belum pada laman Brand (Navigasi: Katalog > Setting Katalog > Brand).
  • Apabila Brand Produk tersebut belum tersedia, silahkan tambahkan nama Brand Produk Baru untuk barang tersebut sesuai dengan nama merk pembuat produk tersebut. Penambahan nama Brand Produk ini bisa dengan mengeklik tombol Tambah Brand Baru. Setelah di klik, akan muncul pop up untuk menambahkan Brand. pada kolom Nama Brand silahkan isi dengan mengetik nama Brand Produk yang sesuai. Pada kolom Pilih Gambar Brand, silahkan klik tombol pilih file, kemudian Anda akan di arahkan ke direktori folder perangkat Anda, silahkan cari gambar brand produk yang tersimpan di perangkat Anda. Setelah selesai, silahkan klik tombol Tambahkan. Maka Nama Brand dan logo Brand yang baru akan masuk pada Tabel Nama Brand.
  • Anda dapat mengedit nama ataupun menghapus Nama Brand Produk dengan mengeklik icon tempat sampah untuk menghapus, dan icon pensil untuk mengedit pada kolom Tindakan pada Tabel Nama Brand.
  • Perhatian: sebaiknya Anda menggunakan gambar untuk logo brand ini dalam format .png atau .webp dengan ukuran 130 x 40 PX, agar sesuai dengan slot tempat logo brand yang disediakan.
  • Untuk produk yang tidak memiliki merk atau brand, pada kolom Brand ini silahkan ketik dan pilih Tanpa Merk.
  • Selanjutnya silahkan pilih dengan ceklist beberapa warna yang tersedia sebagai opsional pilihan warna untuk produk tersebut.
  • Apabila pilihan warna yang di inginkan belum tersedia atau belum sesuai dengan warna produk, silahkan tambah warna baru pada laman PILIHAN WARNA (Navigasi: Katalog > Setting Produk > Pilihan Warna). Pada laman tersebut silahkan klik tombol Tambah Warna. Maka akan muncul pop up untuk pengaturan warna. Pada kolom Nama Warna, silahkan isi dengan mengetik Nama Warna yang ingin ditambahkan. Pada kolom Tentukan warna yang sesuai, silahkan klik bagian warna yang sesuai, atau isi kolom R G B dengan kode warna yang sesuai. Setelah selesai, silahkan klik tombol Tambahkan. Maka Nama dan Warna yang baru, akan masuk pada Tabel Pilihan Warna.
  • Anda dapat mengedit ataupun menghapus warna dengan mengeklik icon tempat sampah untuk menghapus, dan icon pensil untuk mengedit pada kolom Tindakan pada Tabel Pilihan Warna.
  • Silahkan isi Deskripsi Produk yang sesuai, bisa dengan mengetiknya secara langsung pada Text Editor yang telah disediakan. Atau bisa dengan copy paste dari keterangan deskripsi produk tersebut dari media lainnya.
  • Untuk copy paste deskripsi produk dari media lain, bagi Anda yang menggunakan laptop, ketika melakukan paste ke Text Editor, silahkan klik Ctrl + V.
  • Silahkan Unggah Gambar Produk dengan klik tombol Pilih File pada kolom yang disediakan. Kemudian Anda akan di arahkan ke direktori folder perangkat Anda, silahkan cari Gambar Produk yang tersimpan di perangkat Anda. Setelah ketemu silahkan klik Gambar Produk Maka nama dari Gambar Produk tersebut akan terisi pada kolom Gambar Produk.
  • Apabila Anda ingin menambah lagi Gambar Produk tersebut, silahkan klik tombol Tambah Gambar. Maka akan muncul kolom baru untuk unggah Gambar Produk.
  • Silahkan Unggah kembali Gambar Produk yang lain dengan klik tombol Pilih File pada kolom yang baru disediakan. Kemudian Anda akan di arahkan ke direktori folder perangkat Anda, silahkan cari Gambar Produk yang tersimpan di perangkat Anda. Setelah ketemu silahkan klik Gambar Produk Maka nama dari Gambar Produk yang ditambahkan tersebut akan terisi pada kolom Gambar Produk yang ke-2
  • Anda dapat menambahkan beberapa Gambar Produk lagi dengan mengulangi langkah diatas.
  • Anda juga dapat menghapus kolom Gambar Produk dengan mengeklik icon tempat sampah yang terletak disisi sebelah kanan kolom tersebut.
  • Kami menyarankan untuk Anda menggunakan Gambar Produk yang menggunakan format .webp dengan ukuran 764 x 400 Karena format gambar .webp memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dengan ukuran (size) file yang lebih kecil, dibandingkan dengan format gambar .jpg ataupun .png. Ukuran (size) file gambar yang kecil akan membuat loading Toko Online dan Katalog Produk Anda akan lebih cepat. Karena akses yang lebih ringan, sehingga tidak membebani server.
  • Anda dapat menconvert format gambar .jpg / .jpeg / .png ke format gambar yang disarankan .webp secara online melalui situs Convertio atau CloudConvert.
  • Agar gambar produk terlihat rapi, Anda dapat menghilangkan background pada gambar produk tersebut, sehingga background produk akan berwarna putih. Untuk menghilangkan background gambar secara online, Anda dapat melakukannya melalui situs Remove.bg.
  • Setelah semua data katalog yang dibutuhkan telah terisi pada kolom-kolom yang disediakan, silahkan klik tombol Simpan.
  • Setelah proses penyimpanan berhasil, maka Data Produk tersebut akan masuk pada laman KATALOG PRODUK dan TOKO ONLINE

Input Katalog Multiple Product

Secara default tampilan utama dari laman INPUT KATALOG ini adalah laman untuk input katalog Single Product. Untuk itu, apabila Anda ingin menginput katalog Multiple Product, silahkan klik tombol nama Multiple Product yang terletak disebelah kanan nama Single Product. Maka akan muncul laman untuk input katalog Multiple Product.

Secara garis besar, cara input katalog Multiple Product hampir sama dengan input katalog Single Product. Hanya saja perbedaannya terletak pada penambahan Nama sesuai Type Produk, Berat Produk, dan Nama Produk secara global.

  • Pada kolom Pilih Barang, silahkan klik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom, maka pop up Tabel Data Barang akan muncul. Untuk mempermudah mencari Nama Barang yang ingin di masukan ke laman KATALOG PRODUK, silahkan gunakan kolom Search yang telah disediakan diatas Tabel Data Barang. Silahkan klik Nama Barang yang sesuai, maka kolom Nama Barang, Harga Net, Harga Retail akan terisi sesuai Data Barang tersebut.
  • Pada Kolom Berat Produk, silahkan isi dengan mengetik nominal berat dalam satuan Kilogram (Kg) sesuai type nya masing-masing. Misal jika berat 750 gr maka penulisannya adalah 0.75 (kg), jika berat 1000 gr maka penulisannya adalah 1 (kg), jika berat 1500 gr maka penulisannya 1.5 (kg), dan seterusnya. Cukup tulis angkanya saja tanpa di ikuti huruf Kg.
  • Apabila Anda ingin menambah lagi Type Produk yang lain, silahkan klik tombol Tambah Type Lain. Maka akan muncul kolom baru untuk Pilih Barang untuk type yang lainnya.
  • Silahkan klik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom baru tersebut, maka pop up Tabel Data Barang akan muncul. Untuk mempermudah mencari Nama Barang, silahkan gunakan kolom Search yang telah disediakan diatas Tabel Data Barang. Silahkan klik Nama Barang yang sesuai, maka kolom Nama Barang, Harga Net, Harga Retail akan terisi sesuai Data Barang tersebut.
  • Pada Kolom Berat Produk, silahkan isi dengan mengetik nominal berat dalam satuan Kilogram (Kg). Misal jika berat 750 gr maka penulisannya adalah 0.75 (kg), jika berat 1000 gr maka penulisannya adalah 1 (kg), jika berat 1500 gr maka penulisannya 1.5 (kg), dan seterusnya. Cukup tulis angkanya saja tanpa di ikuti huruf Kg.
  • Silahkan ulangi lagi langkah diatas untuk menambah Type Produk yang lainnya.
  • Apabila Anda ingin menghapus salah satu kolom Pilih Barang yang telah di input, silahkan klik icon Tempat Sampah.
  • Pada kolom Nama Produk, silahkan isi dengan mengetik nama produk secara global dari beberapa type produk yang telah ditambahkan. Nama ini digunakan sebagai Nama Produk utama yang tampil pada daftar produk di laman KATALOG PRODUK dan TOKO ONLINE.

Untuk pengisian kolom yang lainnya pada katalog Multiple Product ini, sama persis dengan pengisian pada Katalog Single Product yang telah dijelaskan diatas. Sehingga tidak perlu dijelaskan kembali disini.

Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: