Jika Anda menerima retur barang dari penjualan yang Anda jalankan, Anda dapat menggunakan fitur Retur Penjualan.

Untuk menginput Retur Barang dari penjualan yang pernah terjadi, Anda harus mengetahui No. Nota Kwitansi dari penjualan barang tersebut. Untuk itu, konsumen sebaiknya menyertakan Nota Kwitansi dari barang yang diretur tersebut. Nota Kwitansi ini selain mempermudah saat input retur oleh Admin Gudang, juga sebagai bukti bahwa barang tersebut memang di beli konsumen tersebut dari perusahaan Anda.

Syarat lain yang harus diterapkan dalam menerima barang retur ini adalah: barang masih baru, kemasan masih baik, barang belum bekas pakai, dan masih layak jual atau kalau barang rusak itu karena cacat produksi.

Anda berhak menolak barang retur jika syarat tersebut tidak terpenuhi. Atau menerima barang retur dengan sistem ganti barang lain dengan nilai harga yang sama.

Bagaimana bila tidak di sertai Nota Kwitansi saat Retur Barang?

Itu terserah dari kebijakan perusahaan Anda, apakah Anda menerima retur barang tanpa adanya Nota Kwitansi atau tidak. Jika Anda menerima Retur Barang tanpa adanya Nota Kwitansi, Anda harus mengetahui dulu No. Nota Kwitansi dari barang tersebut.

Cara mengetahui No. Nota Kwitansi tanpa adanya Nota Kwitansi ini adalah dengan menggunakan fitur Filter Berdasarkan Nama Konsumen pada laman DATA BARANG KELUAR (Navigasi: Barang Keluar > Data Barang Keluar).

  • Silahkan pilih klik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom Nama Konsumen. Maka akan muncul pop up Tabel Data Konsumen. Gunakan kolom search yang terletak di atas Tabel Data Konsumen, untuk mempermudah pencarian Nama Konsumen yang di maksud. Setelah ketemu silahkan klik Nama Konsumen tersebut, dan kolom Nama Konsumen akan terisi. Setelah itu, silahkan klik tombol Filter Data.
  • Setelah Data Penjualan atas nama Konsumen tersebut telah muncul, silahkan gunakan kolom search diatas Tabel Data Barang Keluar, dengan mengetik Nama Barang yang di retur tersebut. Setelah Data Barang Keluar dengan Nama Barang tersebut muncul, silahkan lihat bagian kolom No. Kwitansi. Maka No. Kwitansi untuk barang tersebut telah ketemu.
  • Jika Nama Barang tersebut tidak ditemukan, berarti konsumen tersebut tidak melakukan pembelian barang tersebut pada perusahaan kita.

#

Setelah Anda mengetahui No. Kwitansi barang yang diretur, maka Anda dapat memproses Retur Penjualan. Berikut cara Input Retur Penjualan:

  • Silahkan masuk ke laman INPUT RETUR (Navigasi: Retur Penjualan > Input Retur).
  • Silahkan ketik No. Nota Kwitansi pada kolom No. Kwitansi, kemudian klik icon search pada sisi sebelah kanan kolom tersebut.
  • Sistem akan menampilkan Data Penjualan pada Nota Kwitansi Jika cocok, kolom-kolom pada Data Penjualan tersebut akan terisi sesuai dengan Nota Penjualan barang yang terkirim. Namun, jika tidak ada No. Nota Kwitansi yang cocok, maka akan muncul pesan “Data Tidak Ada”.
  • Jika Data Penjualan telah muncul, perhatikan Tabel Data Barang Keluar yang tampil di bagian bawah laman.
  • Silahkan klik icon pensil pada kolom Tindakan, pada baris Nama Barang yang dilakukan Retur.
  • Setelah muncul pop up untuk menginput Jumlah Retur, Silahkan isi kolom Jumlah Retur sesuai jumlah barang yang dikembalikan. Kemudian klik tombol Update.
  • Maka kolom Jumlah Retur pada Tabel Data Barang Keluar akan terisi.
  • Ulangi Tindakan tersebut diatas jika dalam satu Nota Kwitansi tersebut terdapat beberapa jenis barang yang dikembalikan.
  • Jika semua sudah selesai, silahkan klik tombol Simpan.
  • Setelah proses simpan berhasil, maka dibutuhkan proses Validasi Penjualan Retur, sebelum Jumlah Barang Retur kembali masuk pada Data Stok Gudang. Ini untuk keamanan Data Stok Gudang dan memastikan Barang Retur yang masuk layak dan memenuhi kriteria retur.
  • Admin Gudang bersangkutan bisa melakukan proses Validasi Penjualan Retur dengan membuka laman VALIDASI PENJUALAN RETUR (Navigasi: Validasi Stok Kembali > Penjualan Retur).
  • Saat berada di laman Validasi Penjualan Retur dan Barang Retur telah diterima, silahkan klik tombol Verifikasi pada data barang yang dilakukan Retur. Maka Jumlah Stok Gudang akan bertambah sesuai dengan Jumlah Retur yang dilakukan. Dan proses ini akan mengupdate Data Penjualan pada laman DATA BARANG KELUAR dan DATA PEMBAYARAN, serta menambah Data Retur Penjualan pada laman DATA RETUR (Navigasi: Retur Penjualan > Data Retur) sebagai Laporan atau Arsip Data Retur Penjualan.
  • Apabila Gudang bersangkutan tidak menerima barang yang di Retur oleh konsumen tersebut, Admin Gudang dapat mengeklik tombol Reject pada Tabel Data Validasi Retur Penjualan. Maka Proses Retur Penjualan pada barang tersebut akan dibatalkan.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: