Setelah dilakukan Pengelompokan Trip pada Nota Kwitansi yang telah di proses untuk dikirim, maka data per pengelompokan trip tersebut akan masuk dalam daftar Trip Kiriman pada laman DAFTAR TRIP KIRIMAN (Navigasi: Trip Kiriman > Daftar Trip Kiriman).

Pada laman DAFTAR TRIP KIRIMAN ini, Anda dapat:

  • Mengetahui semua daftar Trip Kiriman yang telah dibuat dengan melakukan filter berdasarkan Tanggal maupun Cabang, yang kemudian dapat dicetak atau dieksport berdasarkan hasil filter tersebut.
  • Mengetahui Trip Kiriman dengan status insentif Telah Masuk atau Belum Masuk sebagai bahan kroscek pembagian insentif,
  • Melakukan tindakan Edit untuk mengedit Kategori Penjualan untuk perhitungan insentif,
  • Melakukan tindakan Lihat Rincian untuk melihat daftar Nota Kwitansi pada masing-masing Trip Kiriman tersebut,
  • Mencetak ulang Surat Jalan Barang dari Bagian Gudang,
  • Mencetak ulang Surat Jalan Keuangan dari Bagian Keuangan.

Pada Laman DAFTAR TRIP KIRIMAN ini terdapat kolom Cari No. Trip berdasarkan No. Kwitansi, yang digunakan untuk mengecek No. Kwitansi tersebut telah di buat pengelompokan Trip atau belum. Jika Sudah pernah dibuat pengelompokan Trip, maka Nota Kwitansi tersebut terdapat pada No. Trip berapa, bisa dicek disini.

Untuk mengecek perhitungan insentif dan perhitungan pendapatan kotor pada setiap Trip sesuai dengan Kategori Penjualan, Anda dapat membuka laman CEK PERHITUNGAN TRIP (Navigasi: Trip Kiriman > Cek Perhitungan Trip).

  • Pada laman CEK PERHITUNGAN TRIP, untuk memulai mengecek insentif penjualan per trip ini adalah dengan mengeklik icon folder pada sisi sebelah kanan kolom No. Trip. Maka, pop up Daftar Trip Kiriman akan muncul. Silahkan pilih daftar Trip Kiriman yang di inginkan untuk dihitung insentifnya. Untuk mempermudah pencarian, silahkan gunakan kolom Search yang terdapat diatas tabel Daftar Trip Kiriman dengan mengetik No. Trip yang dimaksud. Silahkan Klik No. trip yang muncul untuk dipilih, maka data pada kolom No. Trip, Tanggal, Kategori Penjualan, Cabang dari data Trip Kiriman tersebut akan terisi otomatis. Disini, untuk Kategori Penjualan Grosir HP dan Online HP, akan muncul kolom tambahan, yaitu kolom Operasional Kiriman.
  • Silahkan isi kolom Operasional Kiriman dengan jumlah nilai operasional yang dihabiskan untuk Trip Kiriman tersebut pada pengiriman yang dilakukan. Alasan mengapa Kategori Penjualan tersebut harus mengisi Operasional Kiriman adalah karena kategori penjualan tersebut menggunakan harga dasar HP (Harga Pokok), sehingga beban operasional kiriman akan dimasukan dalam perhitungan insentif penjualan.
  • Setelah semua kolom terisi, silahkan klik tombol Hitung. Maka sistem akan menghitung otomatis insentif penjualan dan pendapatan kotor, sesuai dengan Kategori Penjualan pada Trip Kiriman tersebut.
  • Ada dapat mencetak atau mengeksport hasil perhitungan insentif tersebut dengan mengeklik tombol Cetak, maka akan diarahkan ke laman Print Preview untuk Perhitungan Trip Kiriman tersebut.
  • Setelah masuk ke laman Print Preview, silahkan pilih salah satu Tombol Print / Excel / PDF untuk mencetak ataupun mengeksport data perhitungan sesuai yang Anda inginkan.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: