Semua penjualan baik melalui Kasir Toko, Penjualan Sistem Distributor / Grosir, maupun Penjualan via Toko Online, laporan untuk pembayarannya akan masuk ke laman ini semua.

Jadi, semua Nota Kwitansi dengan status barang Terkirim, akan masuk ke laman DAFTAR PIUTANG (Navigasi: Pembayaran > Daftar Piutang), yang selanjutnya bisa di Input Proses Pembayaran pada laman PROSES PEMBAYARAN (Navigasi: Pembayaran > Proses Pembayaran) oleh Admin Keuangan Induk.

Daftar Piutang Penjualan

Semua data Nota Kwitansi yang tampil pada Tabel Daftar Piutang Penjualan pada laman DAFTAR PIUTANG pada dasarnya belum melakukan penyetoran pembayaran atau belum diproses oleh pihak Admin Keuangan. Selain itu, pembayaran dengan status Titip juga tetap akan muncul pada laman ini.

Untuk Nota Kwitansi yang telah diproses dengan status Lunas, tidak akan muncul lagi pada laman DAFTAR PIUTANG. Jadi apabila Anda tidak menemukan Nota Kwitansi yang Anda maksud, bisa jadi itu karena Pembayaran untuk Nota Kwitansi tersebut sudah diproses sebelumnya, atau bisa jadi belum di Proses Terkirim. Untuk itu silahkan cek pada laman DATA PEMBAYARAN (Navigasi: Pembayaran > Data Pembayaran) untuk melakukan pengecekan data pembayaran. Gunakan filter data yang telah disediakan.

Pada Tabel Daftar Piutang Penjualan terdapat kolom Tempo, dimana kolom ini berisi jumlah hari sejak barang di proses terkirim hingga saat ini, dimana belum dilakukan pembayaran. Dan untuk Nota Kwitansi yang melebihi tempo 7 hari, akan ditandai dengan background warna merah. Sehingga bisa diutamakan untuk dilakukan penagihan pembayaran Nota Kwitansi tersebut.

Untuk melihat rincian data penjualan barang pada Nota Kwitansi di Tabel Daftar Piutang Penjualan, silahkan klik tombol Lihat Rincian pada kolom Tindakan. Maka akan tampil pop up yang berisi rincian data penjualan pada Nota Kwitansi tersebut.

Anda dapat memfilter data pada Tabel Daftar Piutang Penjualan sesuai kebutuhan dengan mengisi kolom filter berdasarkan: Tanggal Kirim, Cabang, Tempo lebih dari, Jabatan dan nama Petugas. Silahkan klik tombol Filter Data untuk menampilkan hasil filter berdasarkan kategori yang Anda inginkan.

Anda juga dapat mengeksport data pada Tabel Piutang Penjualan dalam bentuk file excel / PDF atau mencetaknya (Print), untuk digunakan sebagai data laporan. Silahkan klik Tombol Print / Excel / PDF yang terdapat di atas sebelah kiri Tabel Piutang Penjualan.

Proses Pembayaran

Saat Admin keuangan menerima laporan pembayaran dari Nota Kwitansi barang yang telah terkirim, Admin dapat membuka laman PROSES PEMBAYARAN (Navigasi: Pembayaran > Proses Pembayaran).

  • Pada kolom No. Kwitansi, Silahkan Anda pilih No. Nota Kwitansi dari penjualan terkirim dengan mengeklik icon folder. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Daftar Piutang Penjualan. Semua daftar Nota Kwitansi yang tampil pada Tabel Daftar Piutang Penjualan pada laman PROSES PEMBAYARAN ini pada dasarnya belum pernah diproses oleh Admin Keuangan. Selain itu, pembayaran dengan status Tempo dan Titip juga tetap akan muncul pada laman ini, agar bisa diproses kembali setelah dilakukan penggenapan pembayaran oleh konsumen.
  • Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Daftar Piutang Penjualan, silahkan pilih salah satu Nota Kwitansi yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Daftar Piutang Penjualan untuk mempermudah pencarian Nota Kwitansi yang ingin di Proses Pembayaran. Setelah ketemu Nota Kwitansi yang ingin Anda proses pembayaran, silahkan klik. Maka beberapa kolom akan terisi secara otomatis, sesuai dengan data terakhir saat dilakukan Proses Barang Keluar > Terkirim sesuai laporan pengiriman.
  • Pada kolom yang telah terisi, Anda dapat mengedit kolom Leader maupun Kolom Manager, jika ada kesalahan disana. Silahkan klik icon folder disebelah kanan kolom yang akan Anda ganti. Setelah muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan pilih salah satu nama karyawan yang sesuai. Silahkan gunakan kolom search yang terletak diatas Tabel Data Karyawan untuk mempermudah pencarian nama karyawan. Setelah ketemu nama karyawan yang di maksud, silahkan klik. Maka isi kolom tersebut akan berganti.
  • Silahkan isi kolom Nama Penyetor dengan mengetik nama orang yang melakukan pembayaran atau petugas yang menyetor pembayaran tersebut.
  • Kolom pembayaran sebenarnya sudah terisi otomatis dengan nominal total yang harus dibayar. Jika tidak ada perubahan total pembayaran, Anda bisa langsung mengeklik tombol Simpan. Namun apabila konsumen hanya membayar sebagian saja (Titip), maka silahkan ganti sesuai dengan nominal pembayaran yang dilakukan, kemudian baru klik tombol Simpan.
  • Saat Anda mengeklik tombol Simpan, jika status pembayaran dinyatakan Lunas, maka laman akan me-refresh kembali, agar bisa dilakukan proses pembayaran untuk Nota Kwitansi. Namun, jika status pembayaran dinyatakan Titip (Belum Lunas), maka Tombol Cetak Tagihan akan muncul. Silahkan klik tombol Cetak Tagihan untuk mencetak Nota kwitansi yang bisa digunakan dalam penagihan dari kekurangan pembayaran.
  • Selain itu Nota Kwitansi dengan Status Pembayaran Lunas, tidak akan muncul lagi pada Tabel Daftar Piutang Penjualan, baik itu pada laman DAFTAR PIUTANG maupun PROSES PEMBAYARAN.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: