Kami menyediakan Sistem Kasir Pintar yang bisa diakses secara online dengan menggunakan metode scan barcode menggunakan kamera. Keunggulan sistem barcode seperti ini, selain bisa menggunakan perangkat komputer yang telah terintegrasi kamera, juga bisa menggunakan smartphone yang Anda punya untuk menjadi perangkat kasir. Selain itu scan barcode dengan menggunakan kamera juga bisa digunakan untuk membaca QR Code, apabila kode barcode yang Anda gunakan menggunakan QR Code.

Penggunaan sistem kasir Online, selain memudahkan Anda agar dapat bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Juga bisa digunakan pada semua jenis perangkat seperti smartphone, tablet, hingga desktop, tanpa harus menginstal aplikasi kasir secara manual pada setiap perangkat. Jadi penggunaan Kasir Online ini bisa digunakan diseluruh cabang toko yang Anda miliki, tanpa harus menginstalnya.

Berikut tata cara jika Anda ingin menggunakan fitur kasir STOKIS.ID:

Input atau dapatkan kode barcode untuk setiap produk

  • Ketika Anda melakukan kulakan barang baru, maka Anda diharuskan menginput barang baru pada laman INPUT BARANG BARU (Navigasi: Stok Gudang > Input Barang Baru). Pada laman tersebut, apabila pada kemasan telah disertai atau memiliki kode barcode, maka Anda bisa menscan kode barcode tersebut.
  • Atau bisa juga dengan cara menginput secara manual angka yang tertera dibawah kode barcode pada kolom Barcode yang telah disediakan.
  • Apabila produk tersebut tidak memiliki kode barcode, maka Anda bisa menuliskan huruf dan angka yang sama dengan No. SKU pada Kolom Barcode yang telah disediakan. Atau disini Anda bisa juga menginput nomor secara acak sesuai yang Anda inginkan.
  • Silahkan isi kolom lainnya sesuai dengan keterangan yang dibutuhkan. Selengkapnya bisa dibaca disini.
  • Setelah itu klik simpan, maka nama barang baru dan kode barcode telah tersedia.

Cetak kode barcode dan tempelkan pada kemasan produk

  • Silahkan Anda buka laman DATA STOK GUDANG (Navigasi: Stok Gudang > Data Stok Gudang). Pada Tabel Data Stok, terdapat kolom tindakan dengan icon printer dan icon download.
  • Icon printer tersebut diperuntukan untuk mencetak secara langsung. Dimana pencetakan kode barcode ini menggunakan Kertas Stiker HVS ukuran A6. Apabila pada setingan printer Anda belum terdapat ukuran A6, Anda dapat membuat ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tersebut, yaitu 145 x 105 mm.
  • Icon download tersebut diperuntukan untuk mengunduh gambar kode barcode untuk disimpan terlebih dahulu di perangkat komputer Anda, yang kemudian diatur bersamaan dengan kode barcode produk lainnya pada satu halaman kertas dengan Microsoft Word. Disini Anda dapat mencetak bersama kode barcode lain menyesuaikan jumlah masing-masing stok produk yang tersedia.
  • Potong-potong kertas kode barcode yang telah dicetak, kemudian tempelkan pada kemasan produk yang tidak memiliki kode barcode.
  • Apabila kemasan produk telah memiliki kode barcode, Anda tidak perlu lagi mencetak kode barcode. Gunakan saja kode barcode yang telah disediakan pada kemasan produk tersebut.

Menggunakan aplikasi kasir untuk transaksi penjualan

  • Setelah login pada aplikasi Anda, silahkan buka laman KASIR TOKO (Navigasi: Kasir Toko).
  • Saat ada konsumen melakukan pembayaran ke kasir, dan Anda telah membuka laman KASIR TOKO, maka Kolom No. Kwitansi, Tanggal Pembelian, Nama Kasir, dan Cabang telah terisi otomatis oleh sistem.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih nama Sales yang melayani penjualan, dengan mengeklik icon folder. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Karyawan, silahkan cari dan pilih nama karyawan yang menjadi sales penjualan pada transaksi tersebut. Pencarian nama karyawan bisa dengan mengetik huruf pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Karyawan. Setelah ketemu nama yang di inginkan, silahkan klik, maka kolom sales akan terisi.
  • Kemudian silahkan pilih nama Konsumen yang melakukan pembelian, dengan mengeklik icon folder. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Tabel Data Konsumen, silahkan cari dan pilih nama konsumen tersebut. Pencarian nama konsumen bisa dengan mengetik huruf pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Konsumen. Setelah ketemu, silahkan klik nama, maka kolom ID Konsumen, Nama, Alamat, Status Member akan terisi. Namun apabila ini adalah konsumen baru, maka silahkan input data konsumen pada laman INPUT KONSUMEN BARU terlebih dahulu (Navigasi: SDM > Konsumen > Input Konsumen Baru). Dan kembali ke laman KASIR TOKO untuk melakukan transaksi kembali.
  • Silahkan aktifkan kamera scan barcode pada kotak Scan Barcode, dengan mengklik tombol Request Camera Permissions, kemudian pilih kamera yang akan digunakan pada kolom Select Camera. Beberapa pilihan kamera umumnya terdapat pada perangkat atau smartphone yang menggunakan kamera depan dan belakang. Silahkan pilih salah satu, namun lebih baik memilih kamera belakang (camera 2 0, facing back) pada smartphone Anda untuk kemudahan dalam menscan barcode dan umumnya kamera belakang memiliki ukuran pixel yang lebih tinggi.
  • Setelah itu silahkan klik tombol start scanning untuk memulai scan produk satu per satu. Dan arahkan kode scan produk pada kamera yang telah tersedia untuk menginput orderan nya.
  • Ketika scan berhasil maka data produk akan tampil pada Tabel Rincian Belanja di ikuti dengan tanda berupa bunyi. Selain data bertambah pada Tabel Rincian Belanja, jumlah dari transaksi yang berhasil di scan akan menambah Total Belanja dan Jumlah Qty pada bagian atas laman kasir. Ini dapat terlihat dengan jelas baik oleh kasir maupun konsumen saat Anda menggunakan komputer. Dan penambahan ini bisa digunakan sebagai patokan atau tanda bahwa scan berhasil dan data produk yang dibeli telah berhasil bertambah pada tabel rincian belanja.
  • Anda juga dapat melakukan input data penjualan secara manual apabila kamera scan barcode tidak berfungsi atau error, lupa menempelkan kode barcode pada kemasan produk, dan kondisi lainnya dimana penggunaan scan barcode tidak bisa dilakukan. Caranya, gulir laman kasir kebawah. Pada kolom NO. SKU silahkan klik icon folder. Setelah itu muncul pop up yang menampilkan Data Nama Barang, silahkan cari dan pilih nama barang yang sesuai. Pencarian nama barang bisa dengan mengetik huruf pada kolom Search yang tersedia diatas Tabel Data Nama Barang, bisa berupa nama produk maupun nomor SKU produk tersebut. Setelah ketemu, silahkan klik nama yang sesuai. Maka kolom No. SKU, Nama barang, Harga Jual, akan terisi otomatis. Dan Anda tinggal mengisi kolom Jumlah Order sesuai jumlah pembeliannya. Silahkan klik tombol Tambah, maka data produk akan masuk bertambah pada Tabel Rincian Belanja. Ulangi langkah ini jika diperlukan penambahan input data penjualan secara manual pada laman kasir tersebut.
  • Harga yang tampil pada transaksi di laman kasir disesuaikan dengan status member. Apabila konsumen tersebut adalah Member Biasa, maka harga yang tampil adalah Harga Retail. Namun apabila konsumen tersebut adalah Member Reseller, maka harga yang tampil adalah Harga Grosir.
  • Scan barcode maupun input manual tidak dapat dilakukan apabila data stok kosong (0). Apabila barang tersedia di rak toko atau gudang Anda, namun data stok pada aplikasi kosong, silahkan lakukan pengecekan (audit) data transaksi keluar masuk barang. Untuk melihat letak kesalahan dari proses keluar masuk stok yang terjadi. Bisa jadi, ketika Anda kulakan, lupa menginput barang masuk pada laman INPUT BARANG MASUK.
  • Setelah semua dirasa cukup untuk proses scan atau input barang yang dibeli konsumen, maka Anda bisa mengecek kembali data pada Tabel Rincian Belanja, untuk dicocokan dengan jumlah barang yang telah disiapkan untuk dikemas. Apabila sudah cocok, dan konsumen menyerahkan uang pembayaran, silahkan isi kolom Uang Tunai dengan nilai uang yang diberikan konsumen, maka kolom kembalian akan terisi otomatis. Jika kolom kembalian belum terisi, silahkan klik mouse Anda pada area layar mana saja. Ini memudahkan Anda menghitung uang kembalian yang akan diberikan kepada konsumen.
  • Namun apabila ada data yang tidak cocok, dan butuh pembenahan, Anda tinggal melakukan tindakan Hapus (icon tong sampah) atau Edit (icon pensil) pada data produk di Tabel Rincian Belanja. Pada tindakan edit, Anda dapat mengedit jumlah pembelian dan harga khusus yang mungkin diberikan untuk konsumen Anda.
  • Setelah semua benar, selanjutnya Anda dapat menekan tombol Proses dan kemudian tekan tombol Cetak Nota untuk mencetak Struk Belanja.

Laporan keuangan harian dari transaksi penjualan kasir

  • Setelah Anda menekan tombol Proses, status order penjualan dari laman kasir akan otomatis menjadi Terkirim, karena itu merupakan penjualan langsung tanpa melalui proses pengiriman. Data Penjualan ini akan masuk Pada laman DATA BARANG KELUAR (Navigasi: Barang Keluar > Data Barang Keluar) dengan Status Order Penjualan . Dan juga data penjualan (Nota Kwitansi) akan masuk ke laman DAFTAR PIUTANG (Navigasi: Pembayaran > Daftar Piutang) untuk dilakukan input proses pembayaran oleh Admin Keuangan setelah Admin Kasir menyetorkan laporan keuangan. Kenapa masih dianggap piutang, padahal konsumen telah membayar untuk belanjaannya? karena uang dari transaksi pembelian masih dibawa oleh Admin Kasir, dan belum dilaporkan ke Admin Keuangan.
  • Untuk membuat laporan keuangan dari transaksi penjualan melalui laman KASIR TOKO ini setiap akhir sesi kerja, silahkan Admin Kasir menekan tombol History Transaksi Kasir pada laman KASIR TOKO tersebut.
  • Setelah Laman yang menampilkan Tabel Data Transaksi Kasir pada hari itu tampil, silahkan klik tombol End Session, maka semua Nota Kwitansi akan dikelompokan dalam satu trip laporan.
  • Silahkan cetak Nota Trip Laporan tersebut, untuk digunakan laporan keuangan kepada Admin Keuangan.

Cara menggunakan printer POS untuk aplikasi kasir

  • Untuk aplikasi kasir STOKIS.ID, Anda dapat menggunakan Printer Kasir POS Thermal yang dilengkapi Bluetooth dengan kertas rol lebar 58 mm.
  • Apabila Anda menggunakan komputer, maka Anda bisa menginstal driver yang biasanya disertakan dalam paket pembelian printer tersebut, di perangkat komputer yang Anda gunakan. Anda bisa menghubungkan printer dengan komputer melalui kabel konektor USB yang juga telah disertakan dalam paket pembelian.
  • Apabila Anda menggunakan smartphone Android Anda dapat mengunduh aplikasi RawBT di Google Play Store untuk mengkoneksikan smartphone Anda dengan printer POS Kasir melalui Bluetooth. Setelah aplikasi terinstal, Anda dapat membuka aplikasi tersebut. Silahkan klik tombol Konfigurasi, setelah masuk laman konfigurasi, silahkan klik Parameter Koneksi / Printer Bluetooth dengan memilih perangkat yang terhubung: RPP02N. Silahkan isi angka 0000 atau 1234 jika muncul pop up yang meminta¬† kode pin dalam menghubungkan koneksi Bluetooth. Dan untuk pengaturan yang lainnya bisa di biarkan saja (default).
  • Sampai disini printer siap digunakan untuk mencetak Nota Struk Belanja.
  • Namun saat Anda melakukan Cetak Nota, akan muncul laman Print Preview. Jika ini adalah pertama kali Anda menggunakan printer tersebut, silahkan pilih jenis pencetakan dengan mengeklik RawBT RPP02N, dan silahkan atur ukuran kertas dengan memilih 58mm Roll. Atau pilih ukuran printer (kertas) sesuai printer yang digunakan (58mm Roll/ 80mm Roll/ 110mm Roll).
  • Setelah settingan tersebut benar, maka setiap kali laman Print Preview muncul setelah Anda klik tombol Cetak Nota, maka Anda tinggal klik tombol icon Printer untuk mencetak Nota Struk Belanja.
Kirim Tutorial ini via Whatsaap

Tutorial lain yang mungkin Anda cari: