Tentang Kami

Kita menyadari, bahwa sekarang bisnis perdagangan konvensional secara berlahan akan semakin tertinggal. Yang dulu bisnis perdagangan hanya cukup dengan membuka kios atau toko, sekarang bisnis perdagangan sudah berkembang kearah online, dengan persaingan yang semakin ketat. Karena siapapun bisa berjualan online.

Maka dari itu dibutuhkan sistem yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis perdagangan Anda, agar dapat berkembang mengikuti tren pasar yang Ada, dan mampu bersaing.

Terutama bagi Anda yang telah memiliki bisnis perdagangan yang telah berkembang sebelumnya, untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda untuk saat ini dan di masa mendatang, selain Anda juga harus mengikuti tren pasar saat ini, dibutuhkan juga branding bisnis dan sistem manajemen yang kuat yang mampu mengikuti perkembangan bisnis Anda.

STOKIS.ID menawarkan aplikasi & sistem yang dapat membatu Anda untuk melakukan pemasaran secara online sepanjang waktu dengan brand bisnis Anda sendiri, dan mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penjualan, serta mengolah data stok gudang dan toko agar didapat laporan yang cepat dan valid.

Sistem yang terintegrasi dan terpusat, membuat bisnis Anda dibidang perdagangan dapat berkembang serta berjalan secara efektif dan efisien, meskipun bisnis Anda memiliki banyak cabang.

F.A.Q

Mengapa kita harus menggunakan Sistem online untuk bisnis kita?

Sistem online yang terpusat dan terintegrasi memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Sistem online bisa dibuat terpusat, yaitu semua data akan disimpan terpusat pada satu server yang sama. Sehingga membuat kontrol perusahan yang memiliki banyak cabang yang tersebar diseluruh Indonesia akan jauh lebih mudah. Anda sebagai pemilik perusahaan tidak perlu riwa-riwi mengunjungi ke banyak kantor cabang hanya untuk melakukan audit data pada masing-masing kantor cabang tersebut. Lihat laporan ataupun audit data antar cabang bisa diakses melalui akun master milik Anda, kapan saja dan dimana saja Anda berada.
  • Sistem terpusat membuat admin atau karyawan Anda tidak perlu repot mengimport dan mengeksport data dari setiap server cabang untuk melaporkan data ke kantor pusat. Import dan Eksport data secara manual tentu akan merepotkan dan rawan terjadi selisih data.
  • Sistem terintegrasi membuat proses transaksi lebih cepat, dan dapat menyajikan laporan data secara realtime (langsung saat itu juga) setelah transaksi dilakukan.
  • Sistem yang terintegrasi membuat update ataupun revisi data yang dilakukan akan terupdate saat itu juga di semua jaringan yang ada. Sehingga informasi data akan tersampaikan tepat waktu.
  • Sistem yang terpusat dan terintegrasi membuat laporan transaksi lebih transparan dan akurat, sehingga akan meminimalisir manipulasi atau kecurangan oleh oknum karyawan yang tidak bertanggung jawab. Apalagi setiap admin memiliki hak akses sesuai kewenangan pekerjaannya masing-masing, sehingga akan lebih terkontrol.
  • Sistem yang terpusat dan terintegrasi akan meminimalisir biaya operasional perusahaan Anda. Hal ini karena sistem tersebut dapat memangkas waktu dan menghemat tenaga dari sumber daya yang ada, dengan kemudahan dan kelebihan yang diberikan.
  • Sistem online diakses langsung melalui web browser, tidak perlu instal aplikasi secara manual ke masing-masing PC yang digunakan oleh admin atau karyawan, dan tidak perlu mengunakan instalasi jaringan kabel LAN untuk menghubungkan antar PC dengan server.
  • Bisa akses aplikasi dimana saja dan kapan saja, baik itu melalui smartphone, tablet, notebook, laptop, maupun PC. Dengan begitu melihat data ataupun mengerjakan pekerjaan, tidak harus berada di kantor.
Apa saja kekurangan pakai sistem offline jika kita punya beberapa cabang?

Jika bisnis Anda belum memiliki cabang, mungkin masalah ini belum akan terasa untuk saat ini. Setelah bisnis Anda berkembang dan memiliki beberapa cabang, baru Anda akan menemui beberapa kendala sebagai berikut:

  • Perbedaan lokasi antar cabang menyebabkan susah koordinasi. Sehingga membuat respon pelayanan jadi lambat dan informasi yang diberikan kurang uptodate. Selain itu Anda sebagai pimpinan tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Karena terlambatnya dalam membaca laporan dari tiap cabang.
  • Capek wira wiri antar cabang, hanya ingin melakukan kontrol data dan pengawasan tiap cabang. Karena laporan data transaksi belum bisa uptodate.
  • Admin Induk harus menunggu laporan dari masing-masing Admin Cabang untuk membuat rekapan dari laporan semua cabang ke database induk.
  • Anda tidak bisa langsung mengetahui pendapatan dari tiap cabang. Karena harus menunggu laporan atau bertanya terlebih dahulu pada tiap Admin Cabang.
  • Data rawan bocor atau rawan manipulasi, karena ada kesempatan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merubah data sebelum dikirim atau sebelum data di rekap ulang. Karena kebanyakan data dikirim via email / WA dan dilakukan input (import) ulang ke database induk.
  • Bisa terjadi double input atau lupa input data, saat Admin Induk input penerimaan laporan dari tiap cabang.
  • Bila ada revisi, harus menunggu lagi. Hasil revisi tidak bisa real time.
  • Ada perbedaan harga Antara Gudang Induk dan Cabang, karena harga di cabang belum di update. Harga naik tapi di cabang belum di update atau bahkan lupa update, ini dapat membuat penjualan dari bisnis Anda bisa rugi.
  • Data konsumen tidak terkoneksi antar cabang.
  • Stok barang habis di cabang, tidak ada yang tahu, tidak ada yang order ke gudang induk. Akibatnya gudang induk tidak melakukan pengadaan barang untuk barang kosong tersebut.
  • Ada barang baru tapi belum terdaftar di cabang, karena cabang belum tahu. Akibatnya barang baru tersebut belum dapat dipasarkan, karena cabang tidak melakukan order stok.
  • Sales marketing di lapangan tidak tahu jumlah stok yang tersedia di gudangnya, sehingga sales marketing ragu untuk memasarkan produk tersebut.

Sebelum semua terlambat, ayo beralih dari sistem offline ke sistem online mulai dari sekarang. Agar nanti ketika bisnis Anda berkembang dengan memiliki banyak cabang, semua masalah diatas bisa teratasi dengan baik. Jangan menunggu ketika usaha Anda telah berkembang, baru Anda akan beralih, karena itu akan lebih sangat merepotkan saat migrasi data dari sistem offline ke sistem online.

Mengapa aplikasi yang kita gunakan harus pakai brand bisnis sendiri?

Memiliki brand bisnis kita sendiri itu sangat penting. Alasannya, Karena selain meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kita, yang secara tidak langsung meningkatkan jumlah pelanggan setia pada bisnis kita. Dengan memiliki brand yang telah dikenal, akan membuat usaha kita bisa bertahan dari waktu ke waktu.

Jadi, walaupun kita berjualan online di marketplace atau sosial media kita, membangun situs toko online dengan brand atau nama bisnis kita sendiri juga sangat penting dan dibutuhkan dengan alasan tersebut diatas.

Selain itu, jika toko online itu milik kita sendiri, promosi pengenalan yang kita lakukan sepenuhnya adalah untuk pengenalan brand kita sendiri. Bukan mengenalkan brand marketplace milik orang lain ditempat kita ikut berjualan tersebut.

Toko online dengan brand kita sendiri adalah katalog online resmi dari bisnis kita sendiri dan merupakan identitas dari bisnis kita. Semakin terkenal brand kita maka semakin maju usaha kita.

Maka dari itu, dibanding kita sibuk mengenalkan brand orang lain, lebih baik kita mengenalkan brand bisnis kita sendiri, agar bisnis kita semakin dikenal dan semakin berkembang.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi STOKIS.ID VS Aplikasi Lainnya?

Semua aplikasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan, karena setiap perusahaan mempunyai sistem yang berbeda-beda, dan tidak semua aplikasi bisa mengakomodir semua itu. Apabila Anda bertanya, sebaiknya kita membuat aplikasi sendiri atau menggunakan aplikasi jadi yang sudah tersedia?

Maka jawabannya adalah: semua tergantung dari kebutuhan bisnis Anda. Apabila Anda tidak menemukan aplikasi yang cocok dengan sistem yang Anda jalankan, solusi terbaiknya adalah membuat aplikasi sendiri.

Namun jika Anda dapat menemukan aplikasi jadi (baik itu aplikasi gratisan, aplikasi sekali bayar / beli, maupun aplikasi dengan sistem berlangganan), dan itu sesuai dengan sistem bisnis Anda, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang telah jadi tersebut.

Kenapa demikian? berikut penjelasannya...

Membuat sendiri aplikasi (Aplikasi Custom)

Kelebihan:
  • Fitur bisa dibuat sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Data bisa disimpan di server milik sendiri, selama Anda menggunakan server milik sendiri. Namun bila Anda menggunakan layanan hosting pihak ketiga, maka data tersimpan pada server pihak ketiga tersebut.
  • Bisa pakai domain atau brand sendiri.
Kekurangan:
  • Biaya pembuatan mahal, semakin rumit dan banyak fitur yang dibuat, biaya pengerjaan semakin mahal.
  • Biaya pemeliharaan mahal, baik itu menggunakan freeline programer, maupun mempekerjakan seorang programer full time.
  • Tahap awal banyak bug atau error, dan keamanan sistem belum teruji.
  • Pembuatan awal butuh waktu. Dan bahkan bisa molor dari rencana awal, karena banyak revisi yang dilakukan akibat alur sistem yang masih berantakan.
  • Merancang sistem dari awal sangat menguras tenaga dan pikiran.
  • Akses aplikasi online harus terkoneksi dengan internet. Sehingga apabila koneksi internet down, maka transaksi tidak dapat dilakukan sementara waktu.

Membeli aplikasi jadi

Kelebihan:
  • Aplikasi tinggal pakai.
  • Lebih murah karena sekali bayar, namun demikian harga aplikasi tergantung dari fitur dan sistem yang dipakai.
  • Aplikasi jadi umumnya menggunakan sistem offline, sehingga data bisa disimpan di PC server milik sendiri.
Kekurangan:
  • Fitur tidak dapat ditambah atau dicustom sesuai permintaan Anda, karena bersifat global. Sehingga tidak semua perusahaan cocok menggunakan aplikasi jenis ini.
  • Dukungan terbatas, dengan rata-rata masa garansi atau dukungan support hanya diberikan selama 1 tahun.
  • Setelah masa garansi selesai, maka dukungan support juga selesai. Apabila ada yang dukungan Support berlanjut, maka akan dikenakan biaya setiap ada perbaikan bug atau error, yang biayanya dihitung per kasus (per masalah).
  • Kebanyakan vendor atau developer memberikan harga aplikasi tersebut per lisensi untuk tiap perangkat, sehingga harga bisa jadi lebih tinggi jika perangkat yang Anda pakai banyak. Karena harus membeli beberapa lisensi untuk masing-masing perangkat tersebut.
  • Jika ada layanan untuk update sistem, maka Anda harus menunggu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, karena ditentukan oleh developer aplikasi tersebut. Dan umumnya update atau upgrade versi maupun update patch dikenakan biaya.
  • Jika Anda membeli aplikasi dari developer yang tidak jelas, maka rawan dengan celah keamanan dan layanan support yang susah dihubungi ketika Anda menemukan kendala.
  • Aplikasi jadi, umumnya adalah aplikasi yang bersifat offline. Sehingga fleksibeilitasnya kurang, dibandingkan dengan aplikasi online. Dan aplikasi offline harus di instal pada perangkat Anda satu per satu.
  • Harga bisa jadi lebih mahal, karena umumnya harga di hitung per lisensi untuk per perangkat (PC), ada biaya tambahan untuk instal OS dan program server & client, ada biaya untuk setting jaringan LAN dan NAT, dan biaya lainnya.
  • Belum tentu OS pada perangkat Anda cocok untuk penggunaan aplikasi tersebut. Sehingga butuh instal ulang OS yang support dan harus instal beberapa program pendukung lainnya, agar aplikasi tersebut dapat berjalan. Sehingga butuh tambahan biaya untuk beli linsensi untuk OS dan Program tambahan tersebut.
  • Penggunaan jaringan LAN atau melalui kebel, terkadang bermasalah dengan koneksi jika: ada salah satu colokannya kendor, jaringan kabel ada yang putus, dan settingan IP bermasalah.
  • Harus rajin backup database pada server milik sendiri untuk keamanan data, karena PC server lebih rawan terkena hack.

Berlangganan pada penyedia layanan aplikasi online

Kelebihan:
  • Aplikasi tinggal pakai.
  • Biaya lebih terjangkau, karena pembayarannya dilakukan tiap bulan. Namun biaya bulanan tiap penyedia layanan berbeda-beda, tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan penyedia layanan dan fitur yang diberikan.
  • Pemeliharaan sistem dilakukan oleh penyedia layanan, sehingga Anda bisa tenang dan fokus dalam mengembangkan bisnisnya.
  • Disediakan layanan Customer Support yang dapat membantu ketika Anda mengalami kendala.
  • Uji coba gratis untuk mempelajari sistem lebih lanjut, sehingga Anda dapat menilai aplikasi ini, apakah cocok dengan bisnis Anda atau tidak.
Kekurangan:
  • Beberapa penyedia layanan, ada yang menggunakan aplikasi dengan fitur yang tidak dapat ditambah atau dicustom sesuai permintaan, karena memang aplikasi disiapkan secara global. Sehingga tidak semua perusahaan cocok menggunakan layanan aplikasi ini.
  • Untuk layanan aplikasi yang fleksibel, yang dapat menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan, umumnya menggunakan plugin tambahan. Namun penambahan plugin ini dikenakan biaya tambahan dari setiap plugin yang digunakan. Dan ini akan membebani biaya bulanan Anda semakin tinggi.
  • Data tersimpan diserver penyedia layanan.
  • Umumnya untuk akses ke aplikasi masih menggunakan brand atau link domain dari pihak penyedia layanan.
  • Antara penyedia layanan dan member saling terikat, dimana member harus mengikuti kebijakan layanan yang ditentukan oleh penyedia layanan.
  • Akses aplikasi online harus terkoneksi dengan internet. Sehingga apabila koneksi internet down (terputus), maka transaksi tidak dapat dilakukan sementara waktu.

Menggunakan aplikasi gratis yang di instal di smartphone

Kelebihan:
  • Aplikasi tinggal pakai, Anda tinggal download dan instal di smartphone Anda.
  • Umumnya untuk fitur standart adalah gratis, namun apabila Anda ingin menggunakan fitur premium mereka, maka Anda tetap akan dikenakan biaya.
Kekurangan:
  • Fitur tidak dapat ditambah atau dicustom sesuai permintaan, karena aplikasi tersebut disiapkan secara global. Sehingga tidak semua perusahaan cocok menggunakan aplikasi jenis ini.
  • Fitur premium umumya berbayar, dan apabila gratis maka umumnya dilengkapi iklan yang terkadang mengganggu saat aplikasi digunakan.
  • Umumnya aplikasi ini digunakan untuk satu member saja, sehingga tidak cocok untuk perusahaan dengan banyak user admin (karyawan).
  • Update sistem ke versi terbaru harus menunggu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, karena ditentukan oleh developer aplikasi tersebut.
  • Akses aplikasi online harus terkoneksi dengan internet. Sehingga apabila koneksi internet down (terputus), maka transaksi tidak dapat dilakukan sementara waktu.

Menggunakan aplikasi STOKIS.ID

Kelebihan:
  • Aplikasi tinggal pakai.
  • Biaya lebih terjangkau, dan termurah dikelasnya. Dibandingkan Anda membuat aplikasi sendiri, mendingan pakai aplikasi STOKIS.ID saja, jatah biaya pembuatan aplikasinya, bisa untuk tambah modal.
  • Aplikasi bisa digunakan pada semua perangkat yang ada di seluruh cabang bisnis Anda tanpa adanya biaya lisensi pada tiap perangkat.
  • Aplikasi diracang khusus, bukan hanya untuk mempermudah pekerjaan Anda dan karyawan, melainkan juga dirancang agar bisnis Anda dapat berkembang. Dengan dukungan fitur dan sistem yang dikembangkan secara berkelanjutan “dari hulu ke hilir”, yang fokus pada pengembangan bisnis perdagangan dan jasa.
  • Mendukung semua jenis pemasaran, baik retail maupun grosir. Baik penjualan di Toko, Mini Market, Gudang, ataupun di luar (lapangan).
  • Anda bisa mengecek laporan, mengelolah dan mengontrol semua cabang bisnis Anda kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone.
  • Aplikasi dapat diakses secara online pada semua perangkat, baik perangkat mobile, tablet dan destop, tanpa harus instal pada perangkat Anda satu per satu.
  • Sistem terintegrasi membuat kinerja karyawan dan proses data lebih cepat, laporan data transaksi lebih valid dan aman, serta hemat biaya operasional.
  • Bisa pakai domain sendiri untuk meningkatkan brand bisnis Anda.
  • Fitur lebih lengkap dengan biaya bulanan termurah dikelasnya.
  • Pemeliharaan sistem, perbaikan bug, dan update sistem gratis, tidak dipungut biaya tambahan.
  • Bisa mengajukan permintaan penambahan fitur untuk pengembangan lebih lanjut, agar sesuai dengan bisnis Anda. Dan tidak perlu penambahan plugin tertentu, yang akhirnya menambah beban biaya bulanan Anda.
  • Layanan Customer Support kami siap setiap saat, ketika Anda menemukan kendala.
  • Setiap member, menggunakan hosting dengan resource untuk member itu sendiri. Tidak dicampur dengan member lain. Selain itu, Hosting kami menggunakan cloud server dengan teknologi terbaru yang lebih cepat, aman dan minim downtime.
  • Uji coba gratis untuk mempelajari sistem lebih lanjut, sehingga Anda dapat menilai aplikasi ini, apakah cocok dengan bisnis Anda atau tidak.
Kekurangan:
  • Data tersimpan diserver penyedia layanan. Namun kami berkomitmen untuk menjaga data setiap member kami dengan sebaik-baiknya, karena kepercayaan Anda adalah prioritas kami untuk berkembang bersama. Yang harus kita ketahui, baik kita menggunakan aplikasi milik kita sendiri, ataupun menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga, selama kita menggunakan hosting dari layanan pihak ketiga (atau penyedia hosting lain seperti Dewaweb, Niagahoster, dll...), maka data tersebut akan tersimpan di server penyedia layanan tersebut. Kalau dibilang berisiko, maka kembali lagi ke kebijakan privasi pada perusahan penyedia layanan masing-masing. Namun disini kita dapat yakin, semua perusahan penyedia layanan, tentu akan menjaga data setiap membernya dengan baik, agar perusahan tersebut bisa berkembang dan berkembang dengan kepercayaan dari setiap membernya.
  • Antara penyedia layanan dan member saling terikat, dimana member harus mengikuti kebijakan layanan yang ditentukan oleh penyedia layanan. Ini dilakukan agar tidak ada yang merasa dirugikan. Sehingga hak dan kewajiban antara member dan penyedia layanan dapat berjalan sebagaimana mestinya.
  • Akses aplikasi online harus terkoneksi dengan internet. Sehingga apabila koneksi internet down (terputus), maka transaksi tidak dapat dilakukan sementara waktu. Solusi sementara Anda dapat melakukan transaksi (pencatatan) secara manual, dan menginput kembali setelah akses internet kembali terhubung.
Mengapa harus memilih dan menggunakan layanan STOKIS.ID?

Karena membangun aplikasi dari awal itu selain membutuhkan banyak waktu, menguras tenaga dan pikiran dalam merancang sistem, juga membutuhkan biaya yang sangat besar.

Belum lagi, Belum lagi aplikasi custom memiliki banyak bug diawal, dan keamanannya juga belum teruji. Biaya pemiliharaan bulanan seperti jika terjadi bug atau error, jika ada update sistem berkala (sesuai perkembangan teknologi yang dipakai), biaya sewa server bulanan. Maka Anda juga akan mengalalokasikan dana perbulannya yang juga relatif jauh lebih besar dari rencana anggaran awal.

Belum lagi jika Anda mempekerjakan seorang IT Programer, tentu saja biaya yang harus Anda Anggarkan perbulan juga besar.

Maka dari itu salah satu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan layanan dari STOKIS.ID

Karena di STOKIS.ID tidak hanya menawarkan aplikasi dengan fitur lengkap, tapi juga menawarkan sistem yang lebih simpel, mudah dipahami, aman, dengan biaya termurah dibandingkan yang lain.

Disini, Anda hanya fokus pada strategi pengembangan bisnis Anda untuk berkembang dan berkembang, untuk pengembangan sistem serahkan kepada kami, kami akan mengembangkan dan menjaga sistemnya untuk Anda.

Jadi, Anda tinggal pakai aplikasi dari STOKIS.ID tanpa harus menunggu lama, tanpa harus buang tenaga dan berpikir keras merancang alur sistem, dan tanpa harus mempekerjakan seorang IT Programer khusus di perusahaan Anda.

Apabila terjadi error, perbaikan bug, update sistem, akan kami tangani gratis untuk Anda.

   
Bisnis apa saja yang cocok menggunakan aplikasi sistem STOKIS.ID?
Aplikasi STOKIS.ID dapat digunakan bagi Anda yang memiliki:
  • Bisnis perdagangan dengan sistem member reseller dan stokis di berbagai tempat.
  • Bisnis perdagangan berupa gerai, toko, mini market, dengan beberapa cabang di berbagai tempat.
  • Bisnis perdagangan berupa gudang untuk distributor berbagai jenis produk, dengan jangkauan area pemasaran yang luas.
  • Bisnis perdagangan dengan sistem toko online menggunakan situs dan brand milik sendiri.

Tidak hanya penjualan produk, aplikasi STOKIS.ID juga mendukung sistem layanan jasa. Layanan jasa ini bisa di manfaatkan untuk menambah pendapatan dari bisnis Anda, selain dari penjualan produk.

Untuk sistem penjualan, aplikasi STOKIS.ID disiapkan untuk perdagangan Retail dan Grosir, Dengan sistem harga yang dapat disesuaikan untuk masing masing konsumen.

Jenis Toko apa saja yang cocok dengan sistem aplikasi STOKIS.ID?
  1. Toko Elektronik
  2. Toko Perabotan Rumah Tangga
  3. Toko Peralatan Komputer
  4. Konter HP & Service HP
  5. Toko Pakaian
  6. Toko Tas dan Sepatu
  7. Toko Kosmetik
  8. Toko Alat Listrik
  9. Toko Buku, Alat Tulis dan Perlengkapan Kantor
  10. Toko Mainan Anak
  11. Toko Bangunan
  12. Toko Furniture
  13. Toko Obat Pertanian
  14. Toko Sparepart dan Aksesoris Motor / Mobil
  15. Toserba (Toko Serba Ada)
  16. Toko Sembako
  17. Mini market
  18. ...
Apakah dikenakan biaya tambahan Ketika ada update sistem pada aplikasi STOKIS.ID?

Tidak, Kami akan menjadwalkan secara bertahap update sistem secara gratis kepada akun aplikasi member kami sesuai paket layanan yang diambil, jika ada perbaikan bug maupun penambahan fitur pada aplikasi sesuai perkembangan saat ini. Terkecuali permintaan custom fitur yang disesuaikan dengan keinginan pribadi, mungkin akan dikenakan biaya.

Bagaimana ketentuan biaya berlangganan pada layanan STOKIS.ID?

Banyak dari member pengusaha yang takut jika mereka menggunakan layanan aplikasi berbasis online pada penyedia layanan aplikasi online. Biaya berlangganan yang awalnya murah saat pendaftaran, akan dinaikan secara signifikan seiring berjalannya waktu.

Selama kenaikannya itu wajar, kita rasa tidak akan ada masalah. Karena semua penyedia layanan tentu saja akan melakukan penyesuaian biaya dari waktu ke waktu, sesuai dengan beban operasional yang ditanggungnya saat ini. Misal jika terjadi kenaikan harga dari berbagai sektor, terutama pada sarana prasarana yang digunakan penyedia layanan. Maka mau tidak mau, harga atau biaya dari layanan yang diberikan akan ikut dinaikan. Agar layanan yang diberikan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pada layanan STOKIS.ID juga demikian. Namun biaya bulanan pada setiap paket layanan yang Anda pilih di STOKIS.ID akan tetap berlaku sama, sesuai harga saat Anda mendaftar menjadi member. Update sistem pada paket layanan yang Anda gunakan tidak akan mempengaruhi biaya bulanan Anda. Terkecuali ada kenaikan harga pada sarana penunjang seperti hosting atau server yang digunakan, maka baru akan ada penyesuaian harga atau biaya disana.

Apabila ada kenaikan harga akibat penyesuaian yang terjadi, maka akan berlaku pada masa perpanjangan layanan berikutnya. Dan kami pastikan kenaikan tersebut wajar, karena memang ada sebab yang mendasarinya seperti yang disebutkan diatas. Bukan karena ingin melipat gandakan pendapatan.

Perubahan atau peningkatan biaya bulanan, bukan karena kenaikan harga, bisa terjadi apabila:
  • Anda melakukan tambahan order paket layanan lain, diluar paket layanan sebelumnya.
  • Anda membutuhkan resource server yang lebih besar dari sebelumnya, karena perkembangan bisnis Anda yang semakin besar, dimana untuk mendukung trafik yang semakin tinggi dan membutuhkan penyimpanan data yang semakin besar. Maka harus dilakukan penyesuaian harga sesuai peningkatan dari hosting Anda tersebut. Karena hosting paket layanan standart yang diberikan pada tahap awal hanya bisa mengakomodir data transaksi untuk 2 hingga 3 cabang. Namun bila perkembangan bisnis Anda saat ini telah memiliki lebih dari 3 cabang, maka Anda harus melakukan penambahan resource agar transaksi bisnis Anda dari semua cabang dapat berjalan dengan lancar.

Apakah ada kenaikan biaya bulanan bila saya meminta tambahan fitur khusus atau custom pada paket layanan STOKIS.ID yang saya gunakan?

Biaya custom atau penambahan fitur khusus pada paket layanan yang Anda gunakan akan dikenakan biaya diawal. Biaya pengerjaan custom ditentukan berdasarkan seberapa rumit pengerjaan sistem tersebut. Untuk biaya bulanan akan tetap sama, tidak ada kenaikan.

Koneksi internet seperti apakah yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi STOKIS.ID?

Berdasarkan hasil test lapangan yang kami lakukan, menggunakan koneksi internet 3G/HSDPA di smartphone Anda sudah bisa mengakses aplikasi dengan kecepatan yang memuaskan. Apabila anda ingin mendapatkan performa dan kenyamanan terbaik, akses broadband/dedicated-line seperti Telkom Speedy, Firstmedia, Biznet, dll sangat disarankan.

Bisakah menggunakan aplikasi STOKIS.ID pada server atau hosting yang dikelola sendiri?

Tidak, sistem kami hanya dihosting pada server kami. Namun kami memastikan bahwa semua data member kami tetap aman, sesuai Kebijakan Privasi yang telah ditentukan.

Bisakah custom aplikasi STOKIS.ID untuk disesuaikan dengan sistem bisnis saya yang telah berjalan?

Bisa, silahkan hubungi kami jika Anda memiliki permintaan khusus terkait custom aplikasi yang disesuaikan dengan sistem bisnis Anda yang sudah berjalan selama ini. Namun custom aplikasi tersebut akan dikenakan biaya khusus, yang dibayarkan sekali sesuai custom yang Anda inginkan. Sedangkan biaya berlangganan setiap bulannya akan diberlakukan tetap.

Siapa Pengembang STOKIS.ID?

STOKIS.ID di kembangkan oleh CV ADINATA STOKIS INDONESIA dengan SK: AHU-0074306-AH.01.14 / NIB: 2211210048547.